Pengaruh Pembelajaran Dengan Metode Problem Posing Berbantuan Multimedia Terhadap Kemampuan Spatial Sense dan Disposisi Matematis Siswa Kelas X Smk Di Kota Bogor

Main Author: Atmojo, Dwi
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2013
Subjects:
Online Access: http://repository.ut.ac.id/491/1/41311.pdf
http://repository.ut.ac.id/491/
Daftar Isi:
  • Metode problem posing berbantuan multimedia merupakan salah satu altematif metode pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan spatial sense siswa dan tingkat disposisi matematis siswa dalam mempelajari geometri. Dalam metode ini, siswa mempunyai kesempatan untuk mengkonstruksi pemahaman mereka terhadap konsep-konsep matematika yang dipelajari dengan menyusun dan mengajukan soal beserta jawabannya oleh mereka sendiri. Penelitian eksperimen ini bertujuan untuk mengetahui apakah peningkatan kemampuan spatial sense dan disposisi matematis siswa yang belajar dengan metode problem posing lebih besar dari pada siswa yang belajar dengan metode konvensional. Sampel penelitian adalah 72 siswa yang ditentukan dari seluruh populasi siswa kelas X SMK Negeri 3 Bogor. Kelas eksperimen diberi perlakuan dengan metode problem posing sedangkan kelas kontroI dengan pembelajaran konvensional. Dari analisis uji hipotesis dengan menggunakan uji T, didapat nHai t hitung sebesar 3,13 untuk spasial sense dan 3,37 untuk disposisi siswa yang berarti lebih besar daripada t tabel = 1,67. Hal ini berarti bahwa peningkatan kemampuan spatial sense dan disposisi matematis di kelas eksperimen lebih besar daripada peningkatan di kelas kontrol. Dari uji korelasi, didapat nilai sebesar 0,722. Nilai ini lebih besar dari pada nilai t tabel yaitu sebesar 0,329 pada taraf kepercayaan 95% yang berarti HI diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat korelasi positif antara kemampuan spatial sense siswa dan tingkat disposisi matematis siswa dalam pembelajaran dengan metode problem posing berbantuan multimedia