Evaluasi Formatif Bahan Ajar Fisika Dasar 1

Main Author: Purwoningsih, Tuti
Format: Proceeding PeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: http://repository.ut.ac.id/4891/1/2015-dn-030.pdf
http://repository.ut.ac.id/4891/
Daftar Isi:
  • Bahan ajar hendaknya memenuhi kriteria bai k dari tata bahasa yang digunakan maupun dari segi keterbacaan , sehingga Buku Materi Pokok (BMP) mudah dibaca dan dicerna, dengan menggunakan bahasa yang sederhana, komu nikatif dan jelas. Penelitian ini bertujuan mengu mpul kan data dan informasi yang spesifik dan ri nci dari BMP Fisi ka Dasar 1 u ntuk merevisi BMP tersebut agar sesuai dengan strategis pembelajaran yang menerapkan pri nsip-prinsip pembelajaran mandiri. Model pengembangan bahan ajar yang digunakan dalam penel i tian ini adalah Model Instructional Design for Distance Education by Michael Simonson , dkk (2012) yang mengadaptasi The Systematic Design of Instruction by Dick , Carey and Carey (2009). Hasil penelitian menunju kkan bahwa BMP Fisi ka Dasar 1 perlu direvisi karena kompetensi yang akan dicapai mahasiswa masih rendah atau setingkat SMA. Tingkat pencapaian dan• kualifikasi BM P Fisika Dasar dari hasil reviu ahl i materi yang masih rendah adalah 1) kesesuaian materi dengan kompetensi yang akan dicapai mahasiswa ; 2) keluasan materi untuk program studi pendidi kan fisika; 3) kedalaman materi untuk program studi pendidikan fisika; 4) kejelasan ilustrasi, contoh dan non contoh; serta 5) kemenarikan il ustrasi, contoh dan non contoh.