Analisis Pengaruh Kepemimpinan Transformasional Terhadap Perilaku Dan Kinerja Dosen Akademi Perawat Kesehatan Provinsi Nusa Tenggara Barat

Main Author: Suhardiman,
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2013
Subjects:
Online Access: http://repository.ut.ac.id/444/1/41400.pdf
http://repository.ut.ac.id/444/
Daftar Isi:
  • Kemampuan organisasi dalam menghasilkan output yang berkualitas sangat tergantung pada prilaku dan kinerja para dosen di Akademi Perawat Kesehatan Provinsi Nusa Tenggara Barat. Terdapat alternative pendekatan yang dapat digunakan salah satunya adalah pengelolaan kepemimpinan. Penelitian ini ditujukan untuk mengetahui signifikasi pengaruh dari penerapan perHaku kepemimpinan transfonnasional terhadap perilaku para dosen dan kinerjanya serta signifikansi pengaruh dari perilaku terhadap kinerja para dosen tersebut. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian asosiatif. Alat analisis yang digunakan adalah analisis regresi dengan membangun tiga model. karena adanya variabel intervening berupa perilaku. Analisis dilanjutkan pada uji asumsi klasik uji sigiftkansi serta pemanfaatan berbagai parameter yang dihasIlkan dalam mendukung pengambilan keputusan oleh manajemen organisasi Temuan dalam penelitian ini adalah komponen kepemimpinan transfonnasional berupa idealized irifluence, intelectual stimulation, individualized consideration dan inspirational motivation mempunyai pengaruh yang signifikan secar'd parsial dan simultan terhadap perilaku dan kinerja para dosen di Akademi Perawat Kesehatan Provinsi Nusa Tenggara Barat. Signifikansi pengaruh juga di temukan untuk variabel perilaku terhadap kinerja para dosen. Pengaruh yang diberikan paktor prilaku terhadap kinerja para dosen. Pengaruh yang diberikan paktor perilaku terhadap kinerja sebesar 75,60 persen, sehingga pengelolaan aspek yang berpengaruh terhadap perilaku kerja sangat di perlukan, tennasuk kepemimpinan. Pengaruh yang diberikan kepemimpinan dapat bersifat langsung dan tidak langsung terhadap kepemimpinan, jika terhadap perilaku memberikan pengaruh sebesar 57,30 persen, sedangkan terhadap kepemimpinan 52,60 persen. Saran penelitian ini bagi pimpinan Akademi Perawat kesehatan Provinsi Nusa Tenggara Barat adalah pembelajaran atas kepemimpinan transfonnasional baik dalam konsep dan praktek perlu dilakukan terns menerus. Konsep ini dapat menjadi rujukan dari gaya kepemimpinan, karena terbukti memberikan pengaruh yang signifikan pada perilaku dan kinerja dosen Akademi Perawat Kesehatan Provinsi Nusa Tenggara Barat.