Pengaruh Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Dan Komunikasi Matematis Siswa SMA
Main Author: | Yulita, Yulita |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ut.ac.id/416/1/42114.pdf http://repository.ut.ac.id/416/ |
Daftar Isi:
- Kemampuan pemecahan masalah dan kemampuan komunikasi matematis sangat penting untuk dikuasai siswa terutama dalam mengerjakan soal-soal matematika yang berbentuk uraian yang memerlukan kemampuan pemecahan masalah dan sistematis dalam penyelesaiannya. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui: 1) perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang belajar menggunakan pembelajaran berbasis masalah dengan siswa yang belajar menggunakan pembelajaran matematika konvensional, 2) perbedaan kemampuan komunikasi matematis siswa yang belajar menggunakan pembelajaran berbasis masalah dengan siswa yang belajar menggunakan pembelajaran matematika konvensional. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas XII SMA pada salah satu sekolah di Kecamatan Abung Semuli dengan satu kelas sebagai kelas eksperimen (mendapatkan pembelajaran berbasis masalah) dan satu kelas sebagai kelas kontrol (mendapatkan pembelajaran matematika konvensional). Instrumen yang digunakan untuk pengumpulan data pada penelitian ini adalah instrumen tes. Data yang diperoleh dianalisis secara kuantitatifmenggunakan uji-t. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa: 1) terdapat perbedaan nilai rata-rata kemampuan pemecahan masalah siswa yang belajar menggunakan pembelajaran berbasis masalah dengan yang belajar menggunakan pembelajaran matematika konvensional, 2) terdapat perbedaan nilai rata-rata kemampuan komunikasi matematis siswa yang belajar menggunakan pembelajaran berbasis masalah dengan yang belajar menggunakan pembelajaran matematika konvensional.