Analisis Kemampuan Berpikir Matematik Siswa Berdasarkan Taksonomi Bloom Revisi

Main Author: Mujahid, Achmad
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: http://repository.ut.ac.id/410/1/41793.pdf
http://repository.ut.ac.id/410/
Daftar Isi:
  • Pola berpikir aktivitas matematika dengan kondisi siswa di dalam kelas memiliki tingkatan yang berbeda antara satu siswa dengan siswa yang lainnya. Pola pikir seperti ini sebenarnya guru belum bisa mengukur kemampuan berpikir siswa, apakah siswa dikatakan sudah mampu berpikir matematika berdasarkan Taksonomi Bloom Revisi pada dimensi rendah (LOTS) Low Order Thinking Skills Cl-C3 atau tinggi (HOTS) High Order Thinking Skills C4-C6. Isu mutakhir dalam pembelajaran matematika saat ini adalah mengembangkan keterampilan berpikir yang lebih tinggi. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah mendeskripsikan perbedaan kemampuan berpikir matematika berdasarkan Taksonomi Bloom Revisi pada setiap tingkatan dari Cl-C6 pada siswa kelas XI IPA dan IPS. Penelitian ini merupakan penelitian survai dengan menggunakan metode sampel acak bergerombol (cluster random sampling) yang terdiri dari kelas XI IPA berjumlah 32 siswa dan kelas XI IPS berjumlah 34 siswa. Desain penelitian ini adalah Rancangan Percobaan Faktorial dengan 2 x 6 faktor. Tes uraian yang diberikan berdasar tingkatan kemampuan berpikir Taksonomi Bloom Revisi yaitu : Cl, C2, C3, C4, CS, dan C6. Berdasarkan hasil analisis menunjukkan bahwa pengaruh interaksi Kelas x Bloom betpengaruh signifikan dengan F-hitung =- 12,57 dan p-value = 0 < a = SOA.. Uji Tukey menunjukkan bahwa pada tingkat Cl, C2, C3 dan C6 tidak beroeda ayata. Sedangkan pada tingkat C4 dan CS berbeda nyata. Analisis kualitatif menunjukkan bahwa jawaban siswa pada tingkatan Cl sampai C3 tidak menunjukkan adanya perbedaan cara-cara atau metode siswa dalam menjawab pcrtanyaan. Jawaban soal C4 dan C5 menunjukkan perbedaan pada cara-cara memahami permasalahan menggunakan prinsip-prinsip materi bentuk ide-ide jawaban yang terstruktur, membuat keputusan berdasarkan kriteria dan standar. Jawaban soal C6 menunjukkan jawaban yang variatif dan belum mampu menjawab dengan baik kategori menciptakan.