Pengaruh Pembelajaran Problem Posing Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP)

Main Author: Solihin, Ahmad
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: http://repository.ut.ac.id/402/1/41795.pdf
http://repository.ut.ac.id/402/
Daftar Isi:
  • Penelitin ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh penerapan pembelajaran problem posing terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP). Instrumen berbentuk tes tulis esai yang digunakan untuk mengumpulkan data sebelum dan sesudah penerapan pembelajaran problem posing. Pengumpulan data dilakukan selama 1,5 bulan yaitu antara bulan April sampai bulan Mei 2015. Variabel yang digunakan da1am pene1itian ini adalah penerapan pembelajaran problem posing sebegai variabel independen dan kemampuan berpikir kreatif siswa sebagai variabe1 dependen. Data dianalisis dengan menggunakan uji t dengan t hitung sebesar 4,61 dehgan pvalue = 0 < a = 0,05. Ini menunjukkan bahwa secara signifikan selisih skor kemampuan berpikir kreatif sebelum dan sesudah perlakuan problem posing telah mengalami peningkatan. Disimpulkan bahwa Penerapan pembelajaran problem posing berpengaruh signifikan terhadap kem~mpuan berpikir kreatif siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP). Ditinjau dari rata-rata kefasihan, fleksibilitas, dan kebaruan skor pretes dan skor pastes, diketahui bahwa seluruh skor mengalami peningkatan. Penir.gkatan skor kefasihan sebesar 0,34, fleksibilitas 2,61, sedangkan pada kebaruan mengalami peningkatan 0,13. Tingkat berpikir kreatif sete1ah diberikan pembelajaran problem posing sebanyak 6,25% siswa berada pada tingkat tidak kreatif, 53,13 % siswa kurang kreatif, dan 40,63% pada tingkat kreati( Kontribusi skor berpikir masing-masing indikator berpikir kreatif, fleksibilitas menempati urutan pertama dengan kontribusi sebesar 84,77%, kefasihan menempati urutan kedua dengan kontribusi sebesar 11,17%, dan kontribusi terkecil sebesar 4.06% diberikan oleh kebaruan.