Pengaruh Pembelajaran Quantum terhadap Self Regulated Learning dan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa SMA di Kota Bogor
Main Author: | Julita, Julita |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2013
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ut.ac.id/365/1/42062.pdf http://repository.ut.ac.id/365/ |
Daftar Isi:
- Secara umum penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran quantum terhadap self regulated learning siswa dan kemampuan pemecahan masalah matematika. Secara khusus, penelitian ini bertujuan untuk mengkaji perbedaan peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematika dan self regulated learning siswa secara keseluruhan setiap tingkat kemampuan awal matematika (tinggi, sedang, dan rendah) dari siswa yang mendapatkan pembelajaran quantum dengan siswa yang mendapatkan pembelajaran secara konvensional. Penelitian ini juga bertujuan untuk mengkaji pengaruh self regulated learning terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain kelompok kontrol pretes-postes. Populasinya adalah siswa SMA di Kota Bogor. Data diperoleh melalui tes kemampuan pemecahan masalah matematika dan angket self regulated learning siswa, serta data kemampuan awal matematika. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa yang mendapatkan pembelajaran quantum memiliki peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematika dan self regulated learning, yang lebih tinggi baik secara keseluruhan maupun pada setiap tingkat kemampuan awal matematika dibanding siswa yang mendapatkan pembelajaran secara konvensional. Pada siswa dengan tingkat kemampuan awal tinggi tidak terdapat perbedaan peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematika dan self regulated learning. Selain itu, tidak terdapat pengaruh yang signifikan self regulated learning siswa terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika.