Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik pada Materi Lingkaran terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Kota Bima

Main Author: Maryati,
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2013
Subjects:
Online Access: http://repository.ut.ac.id/354/1/42042.pdf
http://repository.ut.ac.id/354/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh pendekatan pembelajaran matematika realistik pada materi lingkaran terhadap motivasi dan hasil belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Kota Bima. Prosedur penelitian dilakukan berdasarkan eksperimen semu (Quasi Eksperimental). Sampel penelitian adalah 79 siswa dari total populasi 195 siswa, dengan rincian 40 siswa dari kelas VIII C sebagai kelas eksperimen, dan 39 siswa dari kelas VIII D sebagai kelas kontrol. Kelas eksperimen diberi perlakuan Pembelajaran Matematika Realistik (PMR) dan kelas kontrol menggunakan pembelajaran konvensional. Sebelum pembelajaran dimulai masing-masing kelas diberi pre-test dan setelah pembelajaran diberi post-test. Pengambilan data motivasi belajar dilakukan dengan angket sebanyak 30 butir pertanyaan, sedangkan untuk hasil belajar menggunakan tes hasil belajar sebanyak 6 butir soal yang sudah teruji validitas dan realiabilitasnya. Data yang diperoleh diolah menggunakan program SPSS versi 17,0 dengan uji-t (uji 2 sisi). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Nilai rata-rata motivasi belajar siswa kelas eksperimen (17,0250) lebih besar dibandingkan dengan kelas kontrol (6,2308). Kemudian berdasarkan hasil uji 2-sisi menunjukkan bahwa t hitung (5,161) > t tabel (1,980) pada p-value = 0,001 (<a= 0,05), yang berarti Ho ditolak dan Ha diterima. Sehingga motivasi belajar kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol. (2) Nilai rata-rata hasil belajar siswa kelas eksperimen (15,3000) lebih besar dari kelas kontrol (9,6410). Hasil uji-2 sisi menunjukkan t hitung (2,865) > t tabel (1,980) pada pvalue =0,001 (< a = 0,05), yang berarti Ho ditolak dan Ha diterima. Sehingga berdasarkan informasi tersebut, diperoleh kesimpulan bahwa terdapat pengaruh pendekatan pembelajaran matematika realistik baik terhadap motivasi maupun hasil belajar siswa