Pengembangan Bahan Ajar Bangun Ruang Sisi Datar Melalui Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik (PMR)
Main Author: | Sari, Devita |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ut.ac.id/344/1/41916.pdf http://repository.ut.ac.id/344/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh bahan ajar yang valid, praktis,serta mengetahui efektivitas bahan ajar terhadap hasil belajar siswa pada pokok bahasan bangun ruang sisi datar dengan menggunakan pendekatan Pendidikan Matematika Realistik (PMR). Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau yang dikenal dengan research and development. Penelitian ini dilaksanakan di SMPN 1 Tumijajar. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VIII.D sebanyak 31 orang. Teknik pengumpulan data berupa catatan validasi pakar, observasi,dokumen pekerjaan siswa, dan tes. Semua data yang dikumpulkan dianalisis secara deskriptif Bahan ajar yang dikembangkan divalidasi oleh 2 orang dosen pendidikan matematika dan 2 orang guru matematika kelas VIII. Setelah diperoleh bahan ajar yang valid dan praktis, penelitian dilanjutkan pada tahap field test. Penelitian dilakukan sebanyak tiga kali pertemuan. Pada pertemuan terakhir,peneliti memberikan soal tes terhadap materi yang telah diajarkan untuk mengetahui efek potensial dari bahan ajar terhadap hasil belajar siswa. Dari hasil analisis data diperoleh sebanyak 85% siswa mampu mengerjakan soal tes dengan baik, dengan nilai rata-rata 81,3. Nilai rata-rata siswa tergolong dalam kategori hasil belajar yang baik. Dari hasil penelitian tersebut diperoleh kesimpulan bahwa bahan ajar pokok bahasan bangun ruang sisi datar kubus dan balok dengan menggunakan pendekatan PMR valid, praktis, dan memiliki efek potensial terhadap hasil belajar siswa.