Pembelajaran Yang Berorientasi Pada Konstruktivistik Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Nilai Tempat Bagi Siswa Kelas III SD Negeri Kutoharjo II Rembang

Main Authors: Nurmawati, Nurmawati, HANDAYANI, SRI
Format: Monograph NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: Universitas Terbuka , 2000
Subjects:
Online Access: http://repository.ut.ac.id/3271/1/81029.pdf
http://repository.ut.ac.id/3271/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesalahan siswa dan penyebabnya dalam rnemahami konsep nilai tempat, kemudian menerapkan pembelajaran yang dapat membantu siswa meningkatkan pemaharnannya pada konsep nilai tempat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan partisipan. Subyek penelitian adalah 5 siswa kelas III SDN Kutoharjo II Rembang tahun pelajaran 1999 / 2000. Pemilihan subyek peneitian didasarkan pada : (I) tingkat keberhasilan siswa pada tes awal penelitian tentang bilangan dan nilai tempat kurang dari 75% ; (2) hasil pertimbangan guru kelas III. Pengumpulan data diawali dari hasil tes awal penelitian, dilanjutkan memberikan tes tertulis pada setiap akhir tindakan pembelajaran yang ditindak lanjuti dengan wawancara terhadap subyek penelitian. Dari hasil tes awal yang dilanjutkan dengan wawancara dapat dideskripsikan kesalahan dalam menyelesaikan soal-soal tentang bilangan dan nilai tempat, antara lain : ( I) kesalahan menyebut nama bilangan dan menulis lambang bilangan terutama yang melibatkan angka nol ; (2) kesalahan membilang loncat berurutan yang melibatkan teknik regrouping, (3) kesalahan menentukan tempat, nilai tempat, dan nilai angka. Untuk menghindari kesalahan tersebut, diberikan tindakan pembelajaran yang berorientasi pada konstruktivistik, dalam tiga siklus. Dalam penelitian ini, pcmbelajaran yang berorientasi pada konstruktivistik diarahkan pada situasi belajar siswa untuk membangun konsep bilangan dan nilai tern pat t melalui tahaptahap konkret, semi konkret I semi abstrak, dan abstrak. Adapun pembelajaran dalam tiga siklus itu, terdiri atas : ( I) siklus 1 untuk konsep nilai tempat bilangan 0-99 ; (2) siklus 11 untuk konsep nilai tempat bilangan 100- 999 ; dan (3) siklus Ill untuk konsep nilai tempat bilangan 1.000-9.999. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari pelaksanaan tindakan pembelajaran tersebut yang masing-masing dilanjutkan tes formatif, temyata ke lima subyek penelitian dapat mencapai tingkat keberhasilan optimal (85%- 94%) bahkan maksimal (100%). Hal ini menunjuk.kan bahwa _pembelajaran yang berorientasi pada konstruktivistik dapat meningkatkan pemahaman subyek penelitian terhadap konsep nilai tempat bilangan empat angka.