Pengaruh Model Pembelajaran Missouri Mathematics project (MMP) dan Media Pembelajaran Berbasis Komputer terhadap Hasil Belajar Matematika

Main Author: Efraim, Efraim
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2013
Subjects:
Online Access: http://repository.ut.ac.id/317/1/42122.pdf
http://repository.ut.ac.id/317/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi pengaruh penerapan model pembelajaran MMP dan media instruksional berbasis komputer. Penelitian dengan pendekatan kuantitatif ini dilaksanakan di SMA Kristen Barana', Kabupaten Toraja Utara. Subyek penelitian adalah 80 siswa kelas XI. Pengumpulan data hasil belajar dilakukan selama 2 bulan, yaitu bulan September 20 13 - Oktober 20 13. Sampel penelitian ini adalah sebanyak 80 siswa yang dipilih secara acak dari 4 kelas XI IP A melalui Random Pre-test Post-test Control Group dengan Rancangan Faktorial 2 x 2. Sampel dibagi dalam 4 kelompok berdasarkan 2 jenis perlakuan model pembelajaran (MMP dan konvensional) dan 2 jenis media instruksional (komputer dan non-komputer), yaitu (kelompok I) model MMP + komputer, (kelompok 2) model konvensional + komputer, (kelompok 3) model MMP + non-komputer, (kelompok 4) model konvensional + non-komputer. Hasil analisis data menunjukkan bahwa nilai rata-rata kelompok I (MMP + komputer adalah tertinggi dibanding dengan 3 kelompok lain (75,4995 VS 72,8340, 72,4990 dan 60,8340). Disimpulkan bahwa hasil belajar matematika dari siswa yang diajar menggunakan model MMP adalah lebih baik dibanding dengan hasil belajar matematika dari siswa yang diajar secara konvensional. Selain itu penerapan model MMP dan media pembelajaran komputer secara bersama-sama berpengaruh nyata terhadap hasil belajar matematika. Disarankan agar model pembalajaran MMP dapat menjadi model pembelajaran alternatif dalam pembelajaran matematika di tingkat SMA khususnya materi penggunakan rumus-rumus trigonometri di kelas XI IPA.