KEMAUAN BELAJAR (LEARNING VOLITION) MAHASISWA PENDIDIKAN JARAK JAUH
Main Authors: | DARMAYANTI, TRI, Belawati, Tian |
---|---|
Format: | Monograph NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Universitas Terbuka
, 2002
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ut.ac.id/3001/1/81463.pdf http://repository.ut.ac.id/3001/ |
Daftar Isi:
- Kcccndcrungan pilihan seseorang untuk melanjutkan kuliah menunjukkan kcmauan bclajar atau " learning volition" yang tinggi dari orang tersebut. Learning volition atau kcrnauan bclajar ini mcncntukan keberhasilan seseorang dalam proses studinya sclain bcrbagai faktor seperti kesiapan seseorang untuk belajar mandiri dan faktor-faktor psikososial lainnya. Volition melibatkan faktor kognisi, motivasi dan cmosi. /,eaming mlition didcfinisikan sebagai "kemauan seseorang untuk bertahan pada kom itmcn bch~ar yang tclah dibuatnya". l'cnclitian ini bcrtujuan untuk mengidentifikasi elemen-elemen kemauan bclajar (leaming mlition) mahasiswa yang dianggap berhasil dalam studinya. Pcnclitian ini mcrupakan pcnclitian kualitatif yang bcrorientasi pada kasus, schingga dapat dikatcgorikan scbagai penelitian kasuistik. Sampcl penelitian dapat dikatcgorikan scbagai sampel ekstrim (sampel menyimpang) yang diambil dcngan cara Jmrpo.\•il'e sampli11g. Sampel adalah 18 orang mahasiswa yang mengikuti pcndidikan di UT dan dianggap "berhasil". Definisi opcrasional dari "berhasil" adalah mahasiswa yang pcrsistcn dalam mclakukan kegiatan belajarnya selama minimal 4 semester bcrturut -turut, scrta mcmiliki IPK rata-rata 2,75 atau lebih. Tcknik analisis data yang dipcrgunakan pada pcnelitian ini pcngolahan data sccara desk rip! i r untuk mcmpcrolch dcrnografi data mahasiswa; scdangkan data yang dipcrolch dari wawancara dianalisis sccara kualitatif (analisis isi wawancara yang d ihubungkan dcngan tcori/konscp ). llasil penclitian ini menunjukkan dinamika elemcn kemauan belajar dalam hubungannya dcngan aspek aspek motivasi (direction, energizing, dan fJersistence). Dcngan dcmikian dipcrolch gambaran yang lcbih mendalam mengcnai kcmauan bclajar mahasiswa pcndidikanjarakjauh. Dinamika e\emcn kemauan belajar dcngan aspck-aspck motivasi nampak bcgitu kuat pada responden penelitian ini, yaitu rc spondcn yang dianggap bcrh asil dalam belajarnya. Dinamika tcrsebut mungkin tidak akan nn1ncul atau muncul dcngan tingkat yang lebih rendah pada mahasiswa yang kurang bcrhasil. Penelilian la~utan tentang rancangan bantuan belajar bcrdasarkan hasil pcnclilian ini disarankan scbagai usaha untuk meningkatkan kcmauan bclajar mahasiswa.