Pemahaman Siswa Sekolah Dasar (SD) terhadap Konsep-Konsep IPA Berbasis Kimia: Suatu Diagnosis Adanya Miskonsepsi
Main Authors: | SIGIT, ARGADATTA, P, NURMALA |
---|---|
Format: | Monograph NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Universitas Terbuka
, 2002
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ut.ac.id/2985/1/81247.pdf http://repository.ut.ac.id/2985/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini berjudul : pemahaman murid Sekolah Dasar (SD) terhadap Konsep-konsep Ilmu Pengetahuan Alam (!PA) Berbasis Kimia: Suatu Diagnosis adanya Miskonsepsi. Penelitian ini betujuan unutk: (I) mengetahuai pemahaman murid sekolah dasar terhadap konsep-konsep IPA berbasis kimia, (2) mengidentifikasi adanya miskonsepsi, clan (3) mencari penyebab miskonsepsi berclasarkan polajawaban yang cliberikan. Penelitian ini dilakukan di sekolah dasar yang ada di Jawa Timur, Daerah Istimewa Yogyakarta, clan Jawa Barat. Sampel yang diguankan dalam penelitian ini aclalah masing-masing dua SD yang ada di Kota Malang, Kabupaten Pasuruan, Kota Yogyakmia, Kabupaten Wonosari, Kota Bogor, dan Kabupaten Sukabumi. Pemilihan sampel dilakuakn berdasarkan pertimbangan Kantor Dinas Penclicliclkan setempat yang menyatakan bahwa SD-SD tersebut mempunyai kualitas sedang. Data dikumpulkan dengan menggunakan tehnik wawancara dan menghaclapkan siswa klangsung dalam situasi percobaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa miskonscpsi masih banyak terjacli pada konsep-konsep yang cliteliti. Jika cligunakan kritcria 75% scbagai ambang batas pemahaman konscp yang benar maka hanya clitemukan satu konscp yaitu konsep C, udara diperlukan untuk pembakaran yang dipahami dengan baik oleh murid. Berclasarkan anal isis terhaclpa polajawaban yang diberikan muriel ternyata clapat clisimpulkan bahwa miskonsepsi yang terjacli pad amuricl antara lain disebabkan karena dalam memahami suatu konsep murid mengandalkan pada pengalaman seharihari dan hasil pemikiran logis. Hasil penelitian ini dapat climanfaatkan oleh lcmbaga-lembaga pcnghasil tenaga kcpendiclidkan di SD atau lembaga pelatihan peningkatan mutu guru SD untuk memperbaiki kualitas pembelajaran yang dilakukan. Bagi lembaga atau instansi penghasil buku teks IPA SD, basil penelitian ini clapat dimanfaatkan untuk mcmpcrbaiki atau mcmpe1:jelas sajian konscp yang