Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Publik Pada Kantor Pelayanan Perizinan Terpadu (KPPT) Kab. Dompu

Main Author: Adha, Muhammad
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2014
Subjects:
Online Access: http://repository.ut.ac.id/282/1/41717.pdf
http://repository.ut.ac.id/282/
Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini adalah: untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh kualitas pelayanan (tangible, reliability, responsiveness, assurance, dan empaty) baik secara simultan maupun parsial terhadap kepuasan publik pada Kantor Pelayanan Perizinan Terpadu (KPPT) Kabupaten Dompu. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kuantitatif menggunakan sistem survey. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh masyarakat yang pemah melakukan pengurusah izin pada KPPT Kabupaten Dompu sejak bulan Januari sampai dengan Desember 2012 (selama satu tahun) yaitu sejumlah 2.698 orang. Dari jumlah tersebut, maka sampel dalam penelitian ini berjumlah 70 orang. Metode pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah purposive sampling. Metode analisis data dengan menggunakan uji asumsi klasik,analisis deskriptif, dan analisis regresi. Hasil temuan dalam penelitian menunjukkan bahwa: Kualitas pelayanan (tangible, reliability, responsiveness, assurance, dan empaty) berpengaruh secara simultan terhadap kepuas8n publik pada Kantor Pelayanan Perizinan Terpadu (KPPT) Kabupaten Dompu. Sementara itu, secara parsial kualitas pelayanan (tangible, reliability, responsiveness, assurance, dan empaty) berpengaruh terhadap kepuasan publik pada Kantor Pelayanan Perizinan Terpadu (KPPT) Kabupaten Dompu. Temuan yang lain menunjukkan bahwa variabel empati mempunyai nilai pengaruh yang paling dominan. Hal tersebut mengindikasikan bahwa kemampuan pihak KPPT untuk memberikan perhatian secara individu kepada masyarakat telah direspon dengan baik dan dapat memberikan kepuasan pada masyarakat Kabupaten Dompu.