Efektivitas Pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) Ditinjau Dari Pemahaman Konsep Dan Kemampuan Berpikir Kreatif (Studi Kasus Geometri Ruang)
Main Author: | Ichwayudi, Ichwayudi |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ut.ac.id/2697/2/41902.pdf http://repository.ut.ac.id/2697/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk 1 ). Mengetabui efektivitas pembelajaran dengan pendekatan CTL ditinjau dari pemahaman konsep matematis siswa dan 2)Mengetahui keefektivan pembelajaran CTL ditinjau dari kemampuan berpikir kreatif matematis siswa. Jenis penelitian ini kuasi eksprimen yang menggunakan rancangan eksprimen pretest-postest dengan dua kelas, satu kelas eksprimen dan satu kelas kontrol yang dipilib dengan teknik purposive sampling. Sampel penelitian adalah siswa kelas X SMAN 1 Tumijajar Lampung. Metode pengujian hipotesis yang digunakan adalah independent sample t-test (uji-t). Dari basil uji-t dengan nilai Sig (2-tailed) = 0,005 < dari a = 0,05 basil penelitian menunjukkan babwa terdapat perbedaan yang signifikan antara pemabaman konsep matematis siswa kelas eksprimen dengan kelas kontrol. Sedangkan untuk kemampuan berpikir kreatif matematis siswa basil uji-t menunjukkan nilai Sig (2-tailed) =0,025 < dari a = 0,05 yang berarti terdapat perbedaan signifikan kemampuan berpikir kreatif siswa kelas eksprimen yang lebib baik dari kelas kontrol. Berdasarkan basil tersebut disimpulkan babwa pembelajaran dengan pendekatan CTL efektif terhadap peningkatan pemabaman konsep matematis siswa dan efektifterbadap peningkatan kemampuan berpikir kreatifmatematis siswa.