Analisis Manajerial Kepala Sekolah pada Pelaksanaan Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) di SMP Negeri 1 Sungai Tebelian Kecamatan Sungai Tebelian Kabupaten Sintang

Main Author: Kurniadi, Kurniadi
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2014
Subjects:
Online Access: http://repository.ut.ac.id/268/1/41839.pdf
http://repository.ut.ac.id/268/
Daftar Isi:
  • Tesis ini mengangkat masalah Manajerial Kepala Sekolah Pada Pelaksanaan Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) di SMP Negeri 1 Sungai Tebelian Kecamatan Sungai Tebelian Kabupaten Sintang. Kepala Sekolah merupakan motor penggerak bagi sumber daya sekolah. Begitu besarnya peranan kepala sekolah dalam proses pencapaian tujuan pendidikan, sehingga sukses tidaknya suatu sekolah sangat ditentukan kemampuannya dalam pengelolaan sumber daya sekolah dan penerapan Manajemen Berbasis Sekolah (MBS). Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif yaitu suatu penelitian yang bertujuan melakukan studi yang mendalam mengenai unit sosial sedemikian rupa sehingga menghasilkan gambaran yang terorganisir dengan baik dan lengkap mengenai unit sosial tertentu. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif metode deskripsif. Pengumpulan sumber data dilakukan dengan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Subjek penelitian adalah kepala sekolah, wakil kepala sekolah, wakil kepala sekolah urusan kesiswaan, wakil kepala sekolah urusan kurikulum, wakil kepala sekolah urusan sarana dan prasarana, dan 1 orang dewan guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa akuntabilitas dan keterbukaan kepala sekolah dalam melaksanakan fungsi manajerial perencanaan, pengelolaan, dan pengawasan sumber daya sekolah yang meliputi tenaga kependidikan, kurikulum dan program pengajaran, sarana dan prasarana sekolah, dan keuangan sekolah sudah dilaksanakan dengan baik. Akuntabilitas dan keterbukaan kepala seko1ah dalam pengelo1aan partisipasi masyarakat dan orang tua sudah di1akukan dengan baik, hal ini dibuktikan dengan keterlibatan komite sekolah dalam pelaksanaan program-program sekolah. Selanjutnya akuntabilitas dan keterbukan kepala seko1ah dalam melaksanakan fungsi manajerial sebagai pemimpin sudah dilaksanakan dengan baik yaitu dengan pereneanaan membuat struktur organisasi, pengelolaan membuat program kerja. dan pengawasan administrasi sekolah.