Peningkatan Kemampuan Koneksi Dan Pemecahan Masalah Matematik Peserta Didik Smp Negeri 14 Tasikmala Ya Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah
Main Author: | Yati, Dedeh |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ut.ac.id/2626/1/41761.pdf http://repository.ut.ac.id/2626/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui 1) peningkatan kemampuan koneksi dan pemecahan masalah matematik peserta didik yang mengikuti pembelajaran berbasis masalah dibandingkan dengan yang mengikuti pembelajaran konvensional; dan 2) sikap peserta didik terhadap pembelajaran berbasis masalah. Penelitian ini adalah penelitian kuasi eksperimen yang membandingkan kemampuan koneksi dan pemecahan masalah matematik antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Desain penelitian menggunakan "Pre-test Post-test Control Group Design". Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik SMPN 14 Kota Tasikmalaya. Tingkatan kelas yang dijadikan sampel penelitian ini diambil secara purposive sampling, yaitu peserta didik kelas VIII SMPN 14 Kota Tasikmalaya. Pengambilan kelas sampel diambil secara random sampling. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data berupa soal tes kemampuan koneksi dan pemecahan masalah matematik serta angket peserta didik dan pedoman observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) peningkatan kemampuan koneksi matematik peserta didik yang mengikuti pembelajaran berbasis masalah lebih baik daripada yang mengikuti pembelajaran konvensional, 2) peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematik peserta didik yang mengikuti pembelajaran berbasis masalah lebih baik daripada yang mengikuti pembelajaran konvensional, 3) terdapat perbedaan peningkatan kemampuan koneksi dan pemecahan masalah matematik peserta didik kelompok atas dan bawah antara yang memperoleh pembelajaran dengan metode pembelajaran berbasis masalah dengan yang memperoleh pembelajaran konvensional, serta 4) sikap peserta didik terhadap pembelajaran bersikap positif.