Pengaruh Gaya Kepemimpinan, Budaya Organisasi dan Komunikasi Organisasi terhadap Kinerja Guru SMA di Kota Sibolga

Main Author: Lubis, Gunung
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2014
Subjects:
Online Access: http://repository.ut.ac.id/26/1/41693.pdf
http://repository.ut.ac.id/26/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini diangkat dengan pertimbangan bahwa tuntutan kinerja guru oleh kementerian terkait/pemerintah terus-menerus ditingkatkan mutunya seiring dengan perkembangan masyarakat. Format penilaian kinerja guru secara spesifik telah dikeluarkan oleh kementerian terkait. Kenyataan di lapangan menunjukkan bahwa kinerja guru SMA di kota Sibolga masih belum memadai bila dibandingkan dengan tuntutan kinerja yang seharusnya dilakukan guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh gaya kepemimpinan, budaya organisasi, dan komunikasi organisasi terhadap kinerja guru SMA di kota Sibolga. Yang menjadi obyek dalam penelitian ini adalah guru yang bekerja di SMA Kota Sibolga. Penelitian ini adalah penelitian asosiatif, sampel penelitian diambil secara proporsional untuk menentukan jumlah sampel pada masing-masing SMA sedangkan anggota sampel di masing-masing SMA ditentukan secara acak/random. Untuk menguji hipotesis penelitian digunakan uji statistik linear berganda dengan terlebih dahulu melakukan uji pengaruh serentak kemudian melakukan uji pengaruh individual masing-masing variabel bebas terhadap variabel terikat. Data dikumpulkan melalui metode kuisioner dengan instrumen yang telah standar (memiliki validitas dan reliabilitas). Dengan rumus Slevin diperoleh sampel penelitian sebanyak 80 guru dari 312 guru SMA yang tersebar di SMA kota Sibolga. Peneliti melakukan uji asumsi klasik (uji normalitas, uji multikolinearitas, dan Uji Heteroskedastisitas) terhadap informasi/data yang telah terkumpul sebagai suatu persyaratan dapat/layak tidaknya model regresi linear digunakan untuk memprediksi perilaku variabel independen/kinerja guru. Metode analisis yang digunakan adalah analisis regresi berganda. Untuk menilai Goodness of Fit suatu model dilakukan uji F, uji t, dan uji koefisien determinasi dengan tingkat signifikansi 5%. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel independen (gaya kepemimpinan, budaya organisasi, dan komunikasi organisasi) secara sirnultan memberikan pengaruh positif terhadap kinerja guru. Uji secara parsial didapatkan basil bahwa gaya kepemimpinan, budaya organisasi, dan komunikasi organisasi masing-masing berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja guru.