Mendesain Pertunjukkan Boneka Berkarakter Cerita Rakyat Nusantara untuk Pembelajaran di SD
Main Author: | Suhartono, Suhartono |
---|---|
Format: | Proceeding PeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2010
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ut.ac.id/2561/1/fkip201032.pdf http://repository.ut.ac.id/2561/ |
Daftar Isi:
- Permasalahan dalam penelitian ini yaitu: (1) Bagaimana mendesain pertunjukkan boneka berkarakter cerita rakyat nusantara untuk pembelajaran di SD, (2) Karakter cerita rakyat nusantara apa sajakah yang digunakan guru untuk meningkatkan kemampuan siswa terhadap pemahaman materi. Tujuan penelitian ini yaitu: (1) Mendeskripsikan desain pertunjukkan boneka berkarakter cerita rakyat nusantara untuk pembelajaran di SD, (2) Mendeskripsikan karakter cerita rakyat nusantara yang digunakan guru untuk meningkatkan kemampuan anak terhadap pemahaman materi. Tempat penelitian di SDIT Assalamah Pamulang Tangerang Selatan-Banten tahun ajaran 2009-2010. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik pemeriksaan keabsahan data dilakukan melalui triangulasi, yaitu dengan triangulasi sumber. Tahapan dari triangulasi yang dilakukan peneliti yaitu: mencari data tentang desain pertunjukkan boneka berkarakter cerita rakyat nusantara untuk pembelajaran dan kegiatan observasi yang dilakukan secara berulang-ulang untuk memperoleh data yang akurat, data hasil observasi yang diperoleh dicek dengan cara melakukan wawancara kepada guru, siswa dan orang tua. Teknik analisis data penelitian adalah: (1) reduksi data yaitu dicatat secara jelas dan rinci kemudian di rangkum dan dipilih yang pokok dan yang penting, (2) penyajian data berupa teks yang bersifat naratif dan tabel, dan (3) penarikan simpulan. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh data: (1) pertunjukkan boneka berkarakter cerita rakyat nusantara untuk pembelajaran dapat di desain oleh guru sendiri dan dijadikan media edukatif yang menarik bagi siswa untuk pembelajaran (2) Penggunaan media pertunjukkan boneka berkarakter cerita rakyat nusantara dapat mengilhami guru dan siswa sebagai bahan pengayaan materi yang dapat memperjelas konsep bahasan. (3) Konsep penokohan boneka berkarakter cerita rakyat nusantara dapat melekat pada diri siswa sebagai refleksi diri dan berkontribusi terhadap perubahan perilaku siswa di lingkungan sekolah dan keluarga.