Implementasi Pembelajaran Biologi Berwawasan Lingkungan Dalam Meningkatkan Sikap Ramah Lingkungan

Main Author: Marhento, Mashudi A., Giri
Format: Proceeding PeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2013
Subjects:
Online Access: http://repository.ut.ac.id/2550/1/fmipa2013_b12_mashudiagirim.pdf
http://repository.ut.ac.id/2550/
Daftar Isi:
  • Artikel ini berisi paparan tentang hasil penelitian tentang pembelajaran Biologi yang berwawasan lingkungan, yang bertujuan untuk meningkatkan sikap ramah lingkungan pada siswa SMKN 61 Pulau Tidung Kepulauan Seribu. Kegiatan dilakukan melalui penelitian tindakan kelas (classroom action research). Adapun alat pengumpulan data meliputi pedoman wawancara, lembar observasi pelaksanaan pembelajaran, soal kuis dan tugas, serta angket respons siswa. Metode pembelajaran dalam penelitian ini menggunakan metode Student Teams Achievement Divitions (STAD). Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui kegiatan pembelajaran Biologi yang berwawasan lingkungan dengan metode STAD terjadi peningkatan sikap ramah lingkungan pada siswa. Kegiatan pembelajaran Biologi dilakukan dengan: 1)Presentasi kelas, 2). Tahap belajar dalam kelompok, 3). Pemberian kuis dan 4). Reward (penghargaan kelompok). Adapun respons siswa terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan sangat baik dan metode pembelajaran ini dapat diteruskan untuk kegiatan pembelajaran selanjutnya dengan pengelolaan yang lebih optimal. Selain itu, siswa merasa semakin peduli dengan lingkungannya dan semakin mengerti bahwa pembelajaran Biologi ternyata sangat dekat dengan kehidupan sehari-hari para siswa sehingga sikap mereka semakin ramah terhadap lingkungan.