Penggunaan Big Book Dalam Model Area Untuk Meningkatkan Kesiapan Membaca Anak di TK: Penelitian Tindakan di TK Ananda Universitas Terbuka Pondok Cabe

Main Author: TATMININGSIH, SRI
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2010
Subjects:
Online Access: http://repository.ut.ac.id/2397/1/40533.pdf
http://repository.ut.ac.id/2397/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan menemukan model pembelajaran menggunakan big book yang sesuai untuk diterapkan dalam kegiatan pembelajaran area yang dapat meningkatkan kesiapan membaca anak di Taman Kanak-kanak. Penelitian dilaksanakan di TK AnandaTerbuka yang memiliki jumlah murid 90 orang dengan jumlah guru 7 orang saat penelitian dilakukan. Metode penelitian adalah action research dari Kemmis dan Mc Taggart. Yang terdiri dari empat tahapan, yaitu perencanaan, tindakan atau aksi, observasi dan refleksi. Proses pengumpulan data dilakukan melalui teknik wawancara, observasi, asesmen dan analisis dokumen. Analisis data dilakukan menggunakan analisis kualitatif dan analisi kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran menggunakan big book dalam model area dapat meningkatkan kesiapan membaca anak usia 4-5 tahun (usia Taman Kanak-kanak). Namun efektivitas kegiatan pembelajaran di TK sangat tergantung pada kreativitas guru dan kemampuannya dalam menyesuaikan kegiatan dengan tingkat perkembangan anak dan tema yang digunakan di TK.