Peningkatan Kemampuan Pemahaman dan Berpikir Kritis Matematis Peserta Didik SMP Negeri 12 Tasikmalaya melalui Metode Inkuiri Model Alberta

Main Author: Setialesmana, Depi
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2013
Subjects:
Online Access: http://repository.ut.ac.id/2351/1/41758.pdf
http://repository.ut.ac.id/2351/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) peningkatkan kemampuan pemahaman dan berpikir kritis matematis peserta didik yang memperoleh pembelajaran dengan metode inkuiri model Alberta dibanding dengan metode konvensional, (2) perbedaan peningkatan kemampuan pemahaman dan berpikir kritis matematis peserta didik kelompok atas, sedang dan bawah antara yang memperoleh pembelajaran dengan metode inkuiri model Alberta dengan yang memperoleh pembelajaran konvensional, (3) asosiasi antara peningkatan kemampuan pemahaman dan berpikir kritis matematis peserta didik serta (4) sikap peserta didik setelah mengikuti pembelajaran dengan metode inkuiri model Alberta. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII SMP Negeri 12 Tasikmalaya, sedangkan sampel diambil secara random dari seluruh kelas VIII SMP Negeri 12 Tasikmalaya yang diambil dua kelas untuk dijadikan kelas eksperimen dan kelas kontrol. Instrumen yang digunakan terdiri dari tes kemampuan pemahaman, tes kemampuan berpikir kritis dan angket skala sikap. Pengolahan data menggunakan uji gain ternormalisasi, uji-t, ANOVA dua jalur, dan koefisien kontingensi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan kemampuan pemahaman dan berpikir kritis matematis peserta didik yang memperoleh pembelajaran dengan metode inkuiri model Alberta lebih baik daripada peserta didik yang memperoleh pembelajaran konvensional. Terdapat perbedaan peningkatan kemampuan pemahaman dan berpikir kritis matematis peserta didik kelompok atas, sedang dan bawah antara yang memperoleh pembelajaran dengan metode inkuiri model Alberta dengan yang memperoleh pembelajaran konvensional. Selain itu terdapat asosiasi antara peningkatan kemampuan pemahaman dan berpikir kritis matematis peserta didik. Peserta didik di kelas eksperimen menunjukkan sikap positif terhadap pembelajaran dengan metode inkuiri model Alberta.