Pengaruh Metode Inquiry terhadap Kemampuan Komunikasi dan Disposisi Matematis Siswa

Main Author: Bitriyaty, Yuly
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2014
Subjects:
Online Access: http://repository.ut.ac.id/235/1/41940.pdf
http://repository.ut.ac.id/235/
Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui : (1) apakah ada perbedaan rata-rata kemampuan komunikasi matematis antara siswa yang pembelajarannnya menggunakan metode Inquiry dengan siswa yang pembelajarannya menggunakan metode konvensional pada bangun datar segiempat, (2) apakah ada perbedaan rata-rata disposisi matematis antara siswa yang pembelajarannya menggunakan metode Inquiry dengan siswa yang pembelajarannya menggunakan metode konvensional pada bangun datar segiempat. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas VII semester genap SMPN 3 Banjar Agung tahun pelajaran 2013-2014 yang berjumlah 136 siswa, sampel penelitian berjumlah 68 siswa yang terbagi dalam dua kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Untuk keperluan uji coba instrumen penelitian diambil 25 siswa dari kelas VIllA. Data kemampuan komunikasi siswa diperoleh melalui tes yang berbentuk uraian terdiri dari 5 butir soal, selanjutnya data dianalisis dengan uji-t. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa : 1) Terdapat perbedaan nilai rata-rata kemampuan komunikasi matematis siswa yang pembelajarannya menggunakan metode Inquiry dengan siswa yang pembelajarannya menggunakan metode konvensional pada bagun datar segiempat, 2) Terdapat perbedaan disposisi matematis siswa yang pembelajarannya menggunakan metode Inquiry dengan siswa yang pembelajarannya menggunakan metode konvensional pada pokok bahasan bangun datar segiempat.