Pengaruh Model Pembelajaran KooperatifTipe NHT terhadap Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis dan Motivasi Siswa

Main Author: Rahmanto, Sujari
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: http://repository.ut.ac.id/228/1/41941.pdf
http://repository.ut.ac.id/228/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran kooperatif tipe NHT terhadap peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis dan motivasi siswa. Desain penelitian dalam penelitian ini quasi experiment atau eksperimen semu yang terdiri dari dua kelompok penelitian yaitu kelas eksperimen (kelas perlakuan) dan kelas kontrol. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII Siswa SMP Negeri 1 Banjar Agung Tahun Pelajaran 2013/2014 yang berjumlah 110 siswa. Sampel penelitian adalah kelas VIII A sebagai kelas eksperimen dan VIII B sebagai kelas kontrol yang masing-masing berjumlah 28 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan instrumen tes kemampuan berpikir kritis matematis siswa dan angket motivasi siswa. Hasil analisis menunjukkan bahwa: ( 1 )Peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis siswa yang memperoleh pembelajaran kooperatif tipe NHT lebih baik dari pada siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional; (2)Peningkatan motivasi siswa yang pembelajaran kooperatif tipe NHT lebih baik dari pada siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional. Kesimpulan penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran kooperatif tipe NHT berpengaruh terhadap peningkatan kemampuan berpikir kritis dan motivasi matematis siswa.