Hubungan Kompetensi, Motivasi Kerja Dan Kinerja Guru Dengan Prestasi Belajar Siswa Smp Negeri I Cimahi

Main Author: Siregar, Effendi
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2013
Subjects:
Online Access: http://repository.ut.ac.id/2215/1/41199.pdf
http://repository.ut.ac.id/2215/
Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini adalah ingin mendapatkan gambaran tentang hubungan kompetensi, motivasi kerja dan kinerja guru dengan prestasi belajar siswa SMP Negeri 1 Cimahi baik secara langsung ataupun secara tidak langsung, dan secara bersama (simultan). Guna mencapai tujuan di atas, maka ditetapkan (dirumuskan) beberapa hipotesis sebagai berikut : Apakah terdapat hubungan kompetensi, motivasi kerja dan kinerja guru dengan prestasi belajar siswa SMP Negeri 1 Cimahi. Penelitian ini dilaksanakan di SMPN 1 Cimahi dengan sampel diambil dari populasi secara keseluruhan yang berjumlah 40 orang guru yang mengajar di SMP Negeri 1 Cimahi, variabel kompetensi, motivasi kerja dan kinerja guru berfungsi sebagai variabel bebas (independent), sedangkan variabel prestasi belajar siswa merupakan variabel terikat (independent). Penelitian ini memperoleh temuan sebagai berikut : kompetensi guru SMPN 1 Cimahi memperoleh peringkat koefisien korelasi dengan skor nilai 0,59 yakni berada pada peringkat kedua; motivasi kerja memperoleh peringkat koefisien korelasi dengan skor nilai 0,64 yakni berada pada peringkat pertama; kinerja guru memperoleh peringkat koefisien korelasi dengan skor nilai 0,33 yakni berada pada peringkat ketiga. Sedangkan dari ketiga variabel tersebut yang paling strategis nerhubungan dengan prestasi belajar siswa SMPN 1 Cimahi adalah variabel motivasi kerja. Hal ini dimungkinkan karena guru yang tidak memiliki motivasi akan mengakibatkan rendahnya kinerjanya bahkan kompetensi yang dimilikinya tidak mampu untuk meningkatkan prestasi belajar siswa.