Komunikasi Pelaksanaan Program Paket B Di Kabupaten Bangka Tengah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung

Main Author: Agustini, Rosalita
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2013
Subjects:
Online Access: http://repository.ut.ac.id/207/1/41030.pdf
http://repository.ut.ac.id/207/
Daftar Isi:
  • Perjalanan kehidupan suatu bangsa mengalami lika-liku yang beraneka ragam, bahkan perjalanan tersebut terkadang menghadapi suatu hal yang sulit diduga serta belum pernah dikenali sebelumnya. Sehingga hal-hal baru yang datangnya sulit dikenali sebelumnya dan sulit dikenali yang membutuhkan upaya baru dalam hal komunikasinya. Permasalahan pemerataan pendidikan muncul karena dalam undang-undang dasar 1945 telah mengamanatkan bahwa semua warga negara berhak mendapatkan pengajaran/pendidikan. Amanat dasar dari bunyi undang-undang dasar 1945 tersebut telah memaksa kepada pemerintah untuk dapat menyediakan layanan pendidikan seluas-luasnya kepada semua warga negara dengan tanpa adanya diskriminasi. Secara umum dapat dikemukakan bahwa setiap penelitian mempunyai tujuan dan target-target tertentu yang hendak dicapai baik oleh para penelitinya sendiri maupun oleh lembaga pemerintah/swasta. Adapun tujuan dalam peelitian ini adalah menganalisis mengenai komunikasi pelaksanaan program paket B di Kabupaten Bangka Tengah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Penelitian ini mengunakan penelitian kualitatif, Penelitian kualitatif lebih berdasarkan pada filsafat fenomenologis yang mengutamakan penghayatan (verstehen), Sedangkan yang dimaksud penelitian kualitatif menurut Sugiyono (dalam Pasolog, 2012) adalah metode penelitian yang digunakan untuk meneliti pada kondisi objek alamiah, sebagai lawannya adalah eksperimen, dimana peneliti adalah sebagai instrumen kunci tekhnik pengumpulan data dilakukan secara trianggulasi (gabungan) analisa data bersifat induktif, dan hasil penelitian kualitatif lebih menekanakan makna daripada generalisasi. Beberapa PKBM komunikasi berjalan belum efektif hal ini terjadi karena komunikasi yang belum efektif antara dinas pendidikan bagian tengah terutama bagian pendidikan non formal dengan para pengelola serta stap upt di beberapa kecamatan aspek komunikasi akan efektif apabila aspek Langsung, tegas, ramah dan bersahabat, kejelasan, ketepatan, konteks, alur, dan budaya. Robin (dalam Lestari. 2003 : 78).