Analisis Indeks Kepuasan Masyarkat terhadap Pelayanan Publik dan Kebijakan dalam Peningkatan Kualitas Pelayanan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kolonel Abundjani Bangko Kabupaten Merangin

Main Author: Meydi, Didi Tresia
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2014
Subjects:
Online Access: http://repository.ut.ac.id/201/1/42029.pdf
http://repository.ut.ac.id/201/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengAnalisis Indeks Kepuasan Masyarkat terhadap Pelayanan Publik dan Kebijakan dalam Peningkatan Kualitas Pelayanan pada RSUD Kolonel Abunjani Bangko Kabupaten Merangin. Objek penelitian adalah masyarakat yang mendapatkan pelayanan publik secara langsung yang dilakukan oleh pelaksana pelayanan publik di RSUD Kolonel Abunjani Bangko. Metode penarikan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode non random, dimana siapa saja yang mendapat pelayanan pada berbagai bentuk dan jenis pelayanan selama periode penelitian dijadikan sampel. Analisis indeks kepuasan masyarakat dilakukan secara deskriptif kuantitaitf. Nilai IY.M dihitung dengan menggunakan nilai rata-rata tertimbang masing-masing unsur pelayanan. Dalam penghitungan indeks kepuasan masyarakat terhadap 14 unsur pelayanan yang dikaji. Berdasarkan basil penelitian, ditemukan bahwa indeks kepuasan masyarakat di RSUD Kolonel Abundjani secara umum tergolong baik dengan nilai persepsi 3 dan nilai interval IKM 2,51-3,25 dengan mutu pelayanan baik, dengan nilai indeks 3,01 atau setara dengan 75,31. Jika dilihat dari NRR!Unsur pelayanan penyelenggara pelayanan publik yang tertinggi adalah keadilan mendapat pel a yanan dengan nilai 77.17 dan terendah adalah kecepatan pel a yanan dengan nilai 71.33 atau berada pada kategori Baik (mutu pelayanan B). Tidak satupun dari unsur pelayanan yang memiliki nilai IKM di atas 80 (sangat baik).