Analisis Kepuasan Pelanggan Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kabupaten Lembata di Lewoleba

Main Author: Meru, Siprianus
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2010
Subjects:
TQM
Online Access: http://repository.ut.ac.id/1769/1/40404.pdf
http://repository.ut.ac.id/1769/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilakukan pada pelanggan air minum/masyarakat PDAM Kabupaten Lembata di Lewoleba. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis tingkat kepuasan pelanggan air minum di Lewoleba berdasarkan 5 (lima) variabel yaitu variabel kehandalan (reliability), berwujud (tangible), ketanggapan (responsiveness), keyakinan (assurance) dan empati (empaty). Populasi dalam penelitian ini adalah berjumlah pelanggan 1.471 pelanggan PDAM Kabupaten Lembata di Lewoleba dengan teknik "kuota sampling. Data-data dikumpulkan dengan menggunakan kuisioner, wawancara dan observasi. Hasil penelitian membuktikan bahwa tanggapan pelanggan terhadap 5 (lima) variabel penelitian yaitu variabel kehandalan (reability), berwujud (tangible), ketanggapan (responsiveness), keyakinan (assurance) dan empati (empaty) dengan rata-rata skala nilai sebesar 2,82 pada kategori tingkat kepuasan cukup puas.