Pengaruh Penerapan Strategi Survey Questions Read Recite Review (SQ3R) dengan Rolling Cognitive pada Hasil Belajar Matematika Kelas IX SMP Negeri 2 Bontotiro

Main Author: Juhardi,
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2013
Subjects:
Online Access: http://repository.ut.ac.id/1755/1/41711.pdf
http://repository.ut.ac.id/1755/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran Survey Questions Read Recite (SQ3R) dengan Rolling Cognitive terhadap hasil belajar matematika siswa kelas IX SMP Negeri 2 Bontotiro pada pokok bahasan statistik. Jenis penelitian ini adalah jenis penelitian True Eksperimental dengan desain post test only control design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IX SMP Negeri 2 Bontotiro. Kelas eksperimen adalah siswa kelas IX.3 yang diberikan perlakukan strategi SQ3R dengan Rolling Cognitive dan kelas kontrol adalah siswa kelas IX.4 yang diberikan perlakuan menggunakan model pembelajaran konvensional. Instrumen penelitian berupa tes hasil belajar yang diberikan pada masing-masing kelas sesudah perlakuan (post-test). Hasil penelitian dianalisis dengan menggunakan teknik analisis statistik deskriptif dan statistik inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (i) pada saat pemberian post-test diperoleb rata-rata hasil belajar siswa pada kelas eksperimen sebesar 72,50 dan berada pada kategori tinggi berdasarkan distribusi frekuensi dan persentase skor sedangkan rata-rata hasil belajar siswa pada kelas kontrol sebesar 64,00, dan berada pada kategori sedang berdasarkan distribusi frekuensi dan persentase skor. (ii) terdapat perbedaan peningkatan rata-rata hasil belajar siswa antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Dari basil penjelasan di atas, dapat disimpulkan babwa penerapan strategi SQ3R dengan Rolling Cognitive berpengaruh terhadap basil belajar siswa kelas IX SMP Negeri 2 Bontotiro ditandai dengan perbedaan rata-rata hasil belajar. Rata-rata hasil belajar siswa yang diajar dengan strategi SQ3R dengan Rolling Cognitive lebih besar dibandingkan hasil belajar siswa yang diajar dengan model konvensional.