Implementasi Kebijakan Sertifikasi Guru Kabupaten Sintang
Main Author: | Sabianus, Sabianus |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2009
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ut.ac.id/1676/1/40310.pdf http://repository.ut.ac.id/1676/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilakukan untuk mendiskusikan bagaimana pelaksanaan implementasi kebijakan sertifikasi guru di kabupaten sintang serta factor-faktor apa yang mendukung implementasi kebijakan tersebut. Pelaksanaan implementasi kebijakan sertifikasi guru di kabupaten sintang ini akan dianalisa berdasarkan beberapa criteria seperti ) masa kerja/ pengalaman mengajar. 2) usia, 3) pangkat dan golongan, 4) beban mengajar, 5) jabatan dan tugas tambahan dan 6) prestasi. Sedangkan factor yang mendukung implementasi sertifikasi guru di kabupaten sintang adalah factor kewenangan, sumber daya dan sikap. Factor kewenangan ini akan melihat peranan peimpinan dan birokrasi dalam mendukung terlaksananya kebijakan sertifikasi guru. Factor sumber daya ini akan melihat tingkat kuantitas dan kualitas guru sebagai peserta sertifikasi dan factor sikap akan melihat respond an tindakan guru dalam melaksanakan kebijakan sertifikasi guru ini. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskripsitf kualitatif dengan subjek penelitiannya meliputi kapala dinas, kepala bagian, kepala seksi, pengawas, kepala sekolah dan seluruh guru TK, SD, SMP/ MTS, SMA, MA, SMK negeri/ swasta yang sederajat sekabupaten sintang. Sedangkan metode pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan dengan cara dokumentasi, wawancara dan observasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan sertifikasi guru di kabupaten sintang meliputi beberapa criteria memberikan hasil bahawa peserta sertifikasi guru di kabupaten sintang terbanyak dengan mas kerja 10 sampai 20 tahun yang mencapai 60%, usia 30-40 tahun yang mencapai 58%, pangkat piƱata tk.i dan golongan IIId yang mencapai 51% dan rata-rata jam mengajar lebih dari 20 jam perminggu. Sedangkan hasil analisis terhadap factor yang mendukung kebijakan implementasi sertifikasi menunjukan bahwa faktor wewenang, sumber daya dan sikap member pengaruh terhadap keberhasilan implementasi kebijakan sertifikasi guru di Dinas Pendidikan Kabupaten Sintang.