Kualitas Layanan, Kepuasan Dan Kesetiaan Pasien Di Puskesmas Sei Panas Kota Batam
Main Author: | Hayati, Wilda |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2011
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ut.ac.id/1600/1/40524.pdf http://repository.ut.ac.id/1600/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui menguji secara empiris apakah kualitas layanan dapat digunakan untuk memprediksi secara positif kepuasan pasien, kualitas layanan dapat digunakan untuk memprediksi secara positif kesetiaan pasien dan kepuasan pasien dapat digunakan untuk memprediksi secara positif kesetiaan pasien di puskesmas Sei Panas kota Batam. Salah satu indicator keberhasilan pelayanan kesehatan perorangan di puskesmas adalah kepuasan pasien. Penelitian ini adalah penelitian konklusif deskriptif cross-sectional. Penjelasan karakteristik responden dan data penelitian menggunakan analisis deskriptif, Untuk analisis statistik dan menguji hipotesis menggunakan SPSS versi 17. Populasi penelitian ini adalah pasien yang berkunjung ke puskesmas Sei Panas. Sampel yang diambil adalah semua pasien dewasa (berusia lebih dari 18 tahun) yang berkunjung untuk keduakalinya atau lebih pada hari kerja yakni hari Senin sampai Sabtu selama dua minggu pada bulan November 2010. Jam yang dipilih adalah jam berkunjung adalah jam 8 sampai jam 12 siang sebanyak 110 orang. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menyebar kuesioner dan studi dokumen dengan data sekunder. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, 1) kualitas layanan dapat memprediksi secara positif kepuasan pasien. 2) kualitas layanan dapat memprediksi secara positif kesetiaan pasien. 3) kepuasan pasien dapat memprediksi secara positif kesetiaan pasien. Hendaknya Puskesmas Sei Panas mempertahankan hasil yang sudah baik seperti kualitas layanan, kepuasan pasien (pasien menjadi puas) dan dapat menjaga kesetiaan pasien.