Pengaruh Dimensi Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan dan Kepatuhan Wajib Pajak di Kantor Pelayanan Pajak Madya Batam
Main Author: | Silitonga, Posma Sahat Horas |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2011
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ut.ac.id/1581/1/40518.pdf http://repository.ut.ac.id/1581/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh dimensi kualitas pelayanan terhadap kepuasan dan kepatuhan wajib pajak di Kantor Pelayanan Pajak Madya Batam. Sebagai unit pemerintahan yang bertugas dalam pelayanan dan pengawasan, KPP Madya batam perlu meningkatkan kualitas pelayanannya untuk meningkatkan kepuasan dan juga meningkatkan kepatuhan wajib pajak. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan survey. Jenis Penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Penjelasan karakteristik responden dan data penelitian menggunakan analisa deskriptif. Untuk analisa statistik dan pengujian hipotesis menggunakan SPSS versi 17. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh wajib pajak badan usaha yang terdaftar di KPP Madya Batam. Teknik Pengumpulan data dilakukan dengan menyebar kuesioner dan studi dokumen dengan data skunder. Hasil Penelitian menunjukan bahwa, 1) Secara bersama-sama terdapat pengaruh yang signifikan atas variable Tangible, Reliability, Responsiveness, Assurance, dan Empathy terhadap kepuasan wajib pajak. 2) Terdapat pengaruh secara positif dan signifikan atas masing-masing variabel reliability, O!J31Honee, empathy terhadap kepuasan wajib pajak. 3) juga terdapat terdapat pengaruh secara positif dan signifikan atas variabel kepuasan wajib pajak terhadap kepatuhan wajib pajak. 4) Sedangkan variabel tangible tidak berpengaruh signifikan terhadap kepuasan wajib pajak. Diperlukan survei kepuasan kerja karyawan untuk melakukan deteksi dini terhadap persoalan yang dihadapi, sebingga dapat diketahui secara objektif permasalahan yang ada dalam kaitannya juga dengan peningkatan kinerja petugas dan peningkatan pelayanan terhadap wajib pajak.