Pengaruh Penerapan Strategi Learning Start with Wuestion Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Ditinjau dari Tingkat Kemampuan Kognitif terhadap Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Trigonometri di Kelas X SMA Negeri 4 Kota Bima Tahun 2012

Main Author: Abdurrahman,
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2013
Subjects:
Online Access: http://repository.ut.ac.id/1407/1/41713.pdf
http://repository.ut.ac.id/1407/
Daftar Isi:
  • Dalam pembelajaran matematika ada bermacam-macam strategi yang dapat dikembangkan. Tujuan utamanya untuk meningkatkan basil belajar siswa dalam bidang matematika. Oleh karena itu, guru yang mempunyai tugas utama sebagai pengelola proses pembelajaran, tidaklah cukup ditunjang oleh pengnasaan materi saja, melainkan harus memiliki kemampuan dasar yang memadai, yaitu kemampuan dalam strategi pembelajaran yang tepat agar tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan dapat tercapai. Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan strategi learning start with question ditinjau dari tingkat kemampuan kognitif terhadap hasil belajar siswa. sedangkan rancangan penelitian yang digunakan adalah rancangan eksperimen semu denganjenis design hanya post test. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah dengan teknik simple random sampling. Jumlah populasi 366 siswa yang terdiri dari 9 kelas yaitu kelas X-1 sampai dengan kelas X-9 dan yang terambil sebagai sampel adalah sebanyak 84 siswa yang terdiri dari dua kelas yaitu kelas X-I sebagai kelas eksperimen dan kelas X-3 sebagai kelas controi.Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik dokumentasi dan tes. Teknik dokumentasi digunakan untuk tes kemampuan awal dan pengelompokan tingkat kemampuan kognitif siswa. Sedangkan tes digunakan untuk uji prasyarat parametrik yaitu uji normalitas dan homogenitas dan uji hipotesis penelitian.Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan uji-t dua sampel independen dan Uji Anova Satu Jalur dengan taraf signifikansi 5%. Adapun kriteria pengujiannya adalah terima H 0jika : thitung < ttabel dan tolak H 0 jika yang lain. Teknik perhitungan uji t tersebut dilakukan dengan bantuan komputer program SPSS 17.0 for windows.Berdasarkan analisis hasil penelitian maka ada perbedaan yang signifikan hasil belajar siswa antara yang diajar menggunakan strategi learning start with question dengan yang diajar tanpa strategi learning start with question melalui pembelajaran kooperatif tipe STAD. Dengan hasil perhitungan uji t dua sampel independen pada tabel 4.4. menunjukkan thitung = 4,675 dengan taraf signifikansi 5% diperoleh ttabel = 1,993. Jadi thitung > t,tabel ; Ho ditolak dan H1 diterima, hal ini menunjukkan bahwa ada perbedaan yang signifikan hasil belajar siswa antara yang diajar menggunakan strategi learning start with question dengan yang diajar tanpa strategi learning start with question melolui pembelajaran kooperotif tipe STA,sedangkan ditinjau dari tingkat kemampuan kognitif siswa, ada perbedaan yang signifikan kognitif tinggi dan kognitif rendah baik di kelas eksperimen maupun dikelas kontrol Dengan hasil perhitungan Uji Anova Satu jalur pada tabel4.5 dan Tabel 4.6. merumjukkan Fhitung = 14,811 dan Fhitung = 7,997 pada taraf signifikansi 5% diperoleh Ftabel = 4,08 dan ftabel = 4, 07. Jadi Fhitung > ftabel ; Ho ditolak dan H1diterima.