Perbandingan Hasil Belajar dan Motivasi Belajar Siswa antara yang Mengikuti Model PBL dengan Cooperative Learning Tipe STAD dalam Pembelajaran Integral pada Kelas XII IPA SMA Negeri 4 Kota Bima

Main Author: Arifin, Zainal
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2013
Subjects:
Online Access: http://repository.ut.ac.id/1403/1/41716.pdf
http://repository.ut.ac.id/1403/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (J) Perbedaan hasil belajar siswa antara yang mengikuti PBL dengan Cooperative Learning tipe STAD. (2) Perbedaan motivasi belajar siswa antara yang mengikuti PBL dengan Cooperative Learning tipe STAD. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XII IP A SMA Negeri 4 Kota Bima Tahun Ajaran 2012-2013 yang terdiri dari 6 kelas dengan jumlah 220 orang siswa dan teknik sampling yang digunakan adalah simple random sampling dengan menggunakan undian. Sebagai kelas eksperimen 1 adalah kelas XII IPA 1 dan kelas eksperimen 2 adalah· kelas Xll IPA 4. Kelas eksperimen l diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran PBL (Problem Based Learning) sedangkan ke1as eksperimen 2 diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran Cooperative Learning tipe STAD. Pengambilan data dilakukan dengan teknik angket untuk motivasi belajar siswa dan tes untuk hasil belajar siswa. Data yang yang diperoleh diolah dengan menggunakan program SPSS versi 17.00. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Ada perbedaan basil belajar siswa antara yang mengikuti PBL dengan yang mengikuti. Cooperative Learning Tipe STAD. Hal ini dapat dilihat dari P-value 0,0227 untuk uji 2-sisi lebih kecil dari a = 0,05. Dan basil belajar sisiwa yang mengik:uti PBL lebih baik dari yang mengikuti Cooperative Learning Tipe ST AD. Hal ini dapat dilihat dari nilai Eata-rata· hasil belajar siswa pada kelas eksperimen 1 sebesar 130,68 dan eksperimen 2 sebesar 123,27 dengan jumlah sampel sebanyak 37 siswa, serta standar deviasi kelas eksperimen 1 sebesar J ,60 dan kelas eksperimen 2 scbcsar 1,79, (2) Ada perbedaan motivasi belajar siswa antara yang mengikuti PBL dengan yang mengikuti Cooperative Learning Tipe STAD. Hal ini dapat dilihat dari P-value 0,00 untuk uji 2-sisi lebih kecil dati n = 0,05. Dan motivasi belajar sisiwa yang mengikuti PBL lebih baik dari yang mengikuti Cooperative Learning Tipe STAD. Hasil ini dapat dilihat dari nilai rata-rata motivasi belajar siswa pada kelas eksperimen 1 sebesar I 30,68 Iebih besar dari nilai rata-rata motivasi belajar siswa pada kelas eksperimen 2 sebesar 123,27, serta standar deviasi motivasi belajar pada kelas eksperimen 1 sebesar 1,60 lebih kecil dari standar deviasi motivasi belajar siswa pada kelas eksperimen 2 sebesar 1,79.