Persepsi Pegawai Pusat Informasi Polhukam Departemen Komunikasi dan Informatika Atas Kebijakan Pelayanan Informasi Keamanan
Main Author: | Ishak, Mikdad |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2009
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ut.ac.id/1372/1/41208.pdf http://repository.ut.ac.id/1372/ |
Daftar Isi:
- Perkembangan teknologi dan derasnya arus globalisasi seperti sekarang ini memaksa setiap institusi pelayanan publik, seperti Pusat Informasi Polhukam, Badan Informasi Publik, Departemen Komunikasi dan Informatika (Depkominfo) berupaya melakukan terobosan-terobosan baru demi mengejar ketertinggalannya, dalam hal ini bidang peJayanan informasi. Pelayanan informasi publik, termasuk informasi keamanan merupakan operasional dari Depkominfo, yang menyentuh kepentingan masyarakat dan kepentingan pemerintah dalam menjalankan fungsinya sebagai pelayan. Dalam rangka paradigma baru pelayanan informasi, Depkominfo mempunyai moto menuju masyarakat informasi Indonesia. Berangkat dari hal tersebut, dipandang perlu adanya penelitian yang difokuskan untuk menggambarkan persepsi pegawai Pusat Informasi Polhukam atas kebijakan pelayanan informasi keamanan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kinerja Pusat Informasi Polhukam lebih banyak melakukan sosialisasi dalam rangka penyebarluasan informasi publik. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrument penelitian berupa kuesioner. Pertanyaan dalam kuesioner tersebut mencakup atribut dimensi sosialisasi kebijakan, penysunan dan penyediaan bahan-bahan informasi, dan penyajian dan pengolahan informasi keamanan. Berdasarkan hasil dan kesimpulan tersebut, penulis mengajukan saran-saran sebagai berikut: 1. Pusat Informasi Polhukam perlu melakukan upaya nyata untuk meningkatkan kinerjanya, 2. Perlu adanya penelitian perihal persepsi pegawai atas kebijakan pelayanan informasi di semua Pusat Informasi yang berada pada Badan Informasi Publik, Depkominfo.