Pengaruh Kepuasan Kerja Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Layanan Karyawan (Studi Kasus Pada Hotel Lampang Palangka Raya)

Main Author: Augustina Narang, Deasy Dwi
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2013
Subjects:
Online Access: http://repository.ut.ac.id/1252/1/41622.pdf
http://repository.ut.ac.id/1252/
Daftar Isi:
  • Pengaruh Kepuasan Kerja Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Layanan Karyawan (Studi Kasus Pada Hotel Lampang Palangka Raya). Tesis ini di bimbing oleh Dr. Y. Thoni Pambelum, M,Si., dan Dr. Riasy Christa Usop, MM. Penelitian ini dilatar belakangi oleh fenomena turunnya tingkat hunian dan meningkatkan absensi karyawan pada Hotel Lampang Palangka Raya, sehingga penelitian ini tertuju pada masalah kepuasan kerja karyawan dan kepuasan penginap. Sebab kepuasan penginap sangat tergantung pada kepuasan kerja katyawan, mustahil penginap merasa puas sementara karyawan belum mendapatkan kepuasan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode sebab akibat (causal atau expalnatory) dengan pendekatan analisa jalur. Sampel yang digunakan sebanyak 36 orang. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa : 1. Kepuasan kerja, motivasi kerja dan kinerja pegawai dalam keadaan ketidakpuasan dalam bekerja, akibatnya motivasi kerja yang rendah serta kinerja yang juga rendah. 2. Jalur pengaruh langsung menyatakan bahwa kepuasan kerja dan motivasi kerja serta motivasi kerja dengan kinerja pegawai berpengaruh positif dan signiItkan. Model ini dapat digunakan untuk menjelaskan atau memprediksi perubahan kinerja dengan berubahnya kepuasan kerja dan motivasi kerja. 3. Pengaruh tidak langsung kepuasan kerja terhadap kinerja melalui motivasi kerja pegawai berpengaruh positif dan signiftkan, meskipun model ini dapat digunakan untuk menjelaskan atau memprediksi perubahan kepuasan kerja terhadap kinerja melalui motivasi kerja, namun koefisien beta yang ditemukan lebih besar pengaruh langsung dari pada pengaruh tidak langsung.