Efektiftifitas Model Kooperatif Tipe Think Pair Share terhadap Kemampuan Pemahaman Koosep dan Disposisi Matematis Siswa

Main Author: Arnidha, Yunni
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2013
Subjects:
Online Access: http://repository.ut.ac.id/1140/1/41610.pdf
http://repository.ut.ac.id/1140/
Daftar Isi:
  • Pemahaman merupakan aspek yang sangat penting dalam pembelajaran matematika. Kemampuan pemahaman konsep matematis membantu siswa dalam menyajikan konsep secara representative, mengaplikasikannya secara luwes, akurat, efisien, dan tepat dalam pemecahan masalah. Selain mengembangkan kemampuan kognitif siswa yaitu kemampuan pemahaman konsep matematis, pembelajaran matematika diharapkan dapat mengembangkan kemampuan efektif siswa yaitu disposisi matematis. Penelitian ini bertujuan untuk I) Mengetahui efektifitas kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang memperoleh pembelajaran dengan model kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) dan siswa yang memperoleh pembelajaran dengan metode ceramah; 2) Mengetahui efektifitas disposisi matematis siswa yang memperoleh pembelajaran dengan model kooperatif tipe TPS dan siswa yang memperoleh pembelajaran dengan metode ceramah.. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas X SMK KH Ghalib Pringsewu Lampung dengan jenis kuasi eksperimen menggunakan Posttest Only Control Design. Pengambilan sampel penelitian menggunakan teknik purposive sampling, dipilih dua kelas sebagai kelas eksperimen yang mendapatkan pembelajaran TPS dan kelas kontrol yang mendapatkan pembelajaran dengan metode ceramah. Instrumen yang digunakan berupa tes uraian kemampuan pemahaman rnatematis dan angket disposisi dengan model skala Likert. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa kemampuan pemahaman konsep dan disposisi matematis siswa yang mendapatkan pembelajaran kooperatif tipe think pair share secara signifikan lebih tinggi dibandingkan dengan pemahaman konsep matematis siswa yang mendapatkan pembelajaran dengan metode ceramah.