Kualitas Pelayanan Administrasi Kependudukan di Kelurahan Kumai Hilir Kecamatan Kumai Kabupaten Kotawaringin Barat

Main Author: Rafi'i, Ahmad
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2014
Subjects:
Online Access: http://repository.ut.ac.id/1093/1/41782.pdf
http://repository.ut.ac.id/1093/
Daftar Isi:
  • Pelayanan administrasi kependudukan merupakan salah satu urusan wajib yang menjadi kewenangan Pemerintah Daerah Kabupaten. Penyelenggaraan pemerintahan hendaknya berorientasi pada fungsi pelayanan publik, yang di titik beratkan pada Pemerintah Kelurahan, sebagai salah satu ujung tombak pelayanan publik, terutama di sektor pelayanan administrasi kependudukan. Namun, selama ini pelayanan administrasi kependudukan mendapat citra yang kurang baik di mata masyarakat. Hal ini terlihat dari masih terdapatnya keluhan-keluhan masyarakat terhadap pelayanan administrasi kependudukan di Kelurahan Kumai Hilir. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kualitas pelayanan administrasi kependudukan dan faktor-faktor pendukung serta penghambat dalam peningkatan kualitas pelayanan administrasi kependudukan di Kelurahan Kumai Hilir. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Fokus penelitian antara lain: (1) indikator kualitas pelayanan, (2) faktor-faktor pendukung dan penghambat dalam peningkatan kualitas pelayanan administrasi kependudukan. Hasil penelitian ini, secara umum kualitas pelayanan administrasi kependudukan di Kelurahan Kumai Hilir yang belum optimal disebabkan oleh beberapa indikator kualitas layanan yang belum berjalan dengan baik. Kondisi yang dikatakan termasuk dalam faktor-faktor pendukung peningkatan kualitas layanan, belum dapat dikatakan memberikan kepuasan sepenuhnya kepada masyarakat, karena masih terdapat juga beberapa kelemahan dan kendala yang menjadi faktor penghambat dalam pelayanan administrasi kependudukan yang harus terus dilakukan pembenahan.