Efektivitas Peer Reading terhadap Kemampuan Pemahaman Dokkai Bahasa Jepang

Main Author: Sukmara, Rina; Universitas Muhammadiyah Prof Dr. Hamka
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Journal of Japanese Language Education and Linguistics , 2020
Subjects:
Online Access: https://journal.umy.ac.id/index.php/jjlel/article/view/8948
https://journal.umy.ac.id/index.php/jjlel/article/view/8948/pdf_17
Daftar Isi:
  • Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas metode peer reading terhadap kemampuan pemahaman dokkai pada mahasiswa semester 3 Program Studi Pendidikan Bahasa Jepang FKIP UHAMKA. Metode peer reading termasuk dalam metode Peer Learning yaitu pembelajaran yang dilakukan bersama rekan sebaya. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen semu dengan sample penelitian mahasiswa semester 3 Program Studi Pendidikan Bahasa Jepang FKIP UHAMKA . Berdasarkan tabel paired sample test dengan menggunakan SPSS didapat nilai sig 0,000 di bawah dari taraf signifikansi 0,005 maka perbedaan antara nilai pre test dan post test antara sebelum dan sesudah penerapan metode Peer reading terhadap hasil kemampuan pemahaman wacana Bahasa Jepang (Dokkai) signifikan. Berdasarkan hasil uji gain nilai pre test dan post test, nilai pre test sebelum diberikan treatment adalah 0,41 maka rata rata nilai dokkai mahasiswa naik sehingga dapat disimpulkan bahwa metode Peer reading efektif terhadap pemahaman dokkai pada mahasiswa semester 3 Program Studi Pendidikan Bahasa Jepang FKIP UHAMKA.