Representasi Identitas Maskulinitas dalam Iklan Rokok Gudang Garam Pria Punya Selera

Main Authors: Ramadhana, M. Biondy; Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, Firmansyach, Tri Adji; Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, R, M. Atalarik Fakhri; Universitas Muhammadiyah Yogyakarta
Other Authors: Universitas Muhammadiyah Yogyakarta
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Universitas Muhammadiyah Yogyakarta , 2020
Subjects:
Online Access: https://journal.umy.ac.id/index.php/ja/article/view/8845
https://journal.umy.ac.id/index.php/ja/article/view/8845/5730
Daftar Isi:
  • Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membongkar unsur maskulinitas dalam iklan rokok Gudang Garam Internasional versi Monaco Drift 2016. Adapun pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan metode semiotika Barthes. Dengan menggunakan metode semiotika Barthes, isi pesan iklan dan bentuk pesan dapat dianalisis dengan menggunakan kombinasi dari penanda (signifier) dan petanda (signified). Hasil penelitian menunjukkan bahwa unsur maskulinitas dalam iklan rokok Gudang Garam Internasional versi Monaco Drift 2016 cenderung direpresentasikan dengan sosok laki-laki yang glamor, hidup penuh kebebasan, dan petualangan. Selain itu, unsur maskulinitas juga direpresentasikan dengan laki-laki yang menggemari olahraga-olahraga ekstrim.