Representasi Tubuh Ideal Perempuan dalam Iklan WRP Versi Limited Edition

Main Authors: Annafi, Sabila Putri; Unversitas Muhammadiyah Yogyakarta, Azizah, Latifah Nurul; Universitas Muhammadiyah Yogyakarta
Other Authors: Universitas Muhammadiyah Yogyakarta
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Universitas Muhammadiyah Yogyakarta , 2020
Subjects:
Online Access: https://journal.umy.ac.id/index.php/ja/article/view/8796
https://journal.umy.ac.id/index.php/ja/article/view/8796/5727
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk memaparkan bagaimana tubuh ideal perempuan direpresentasikan dalam iklan WRP versi Limited Edition. Tubuh ideal perempuan serigkali direpresentasikan dengan makna berbeda oleh media, yang mana makna tersebut berbeda dengan makna alami tentang tubuh ideal perempuan. Sehingga masyarakat sepakat dan terbentuklah persepsi akan makna tubuh ideal perempuan sesuai dengan apa yang media representasikan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan kajian kritis, atau secara operasional menggunakan metode semiotika untuk menganalisis obyek penelitian. Hasil dari penelitian ini adalah iklan WRP versi Limited Edition berusaha membangun pesan bahwa perempuan ideal haruslah perempuan yang memiliki tubuh langsing tanpa lemak berlebih sehingga muncul rasa percaya diri. Sebaliknya perempuan yang memiliki lemak berlebih dianggap tidak ideal.