Eksploitasi Sensualitas Tubuh Perempuan dalam Iklan Cat Avian Versi Awas Cat Basah
Main Authors: | Madina, Ilma Hanifa; Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, Kumala, Ajeng Dyah; Universitas Muhammadiyah Yogyakarta |
---|---|
Other Authors: | Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, Ilmu Komunikasi |
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Universitas Muhammadiyah Yogyakarta
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://journal.umy.ac.id/index.php/ja/article/view/8733 https://journal.umy.ac.id/index.php/ja/article/view/8733/5722 |
Daftar Isi:
- Seringkali sensualitas perempuan dieksploitasi melalui iklan-iklan komersil dengan tujuan menarik perhatian audiens. Dalam iklan, tubuh perempuan dieksploitasi dengan menampilkan gambar atau kata-kata yang berbau erotis. Tujuan pengiklan menggunakan perempuan sebagai model, tak lain adalah untuk menarik perhatian target audiens dan mendapatkan keuntungan. Iklan cat Avian versi Awas Cat Basah adalah salah satu iklan yang dinilai telah mengeksploitasi sensualitas tubuh perempuan secara gamblang. Penelitian ini bertujuan untuk membongkar visualisasi dan narasi eksploitasi sensualitas perempuan dalam iklan cat Avian versi Awas Cat Basah. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah male gaze theory. Adapun teknik analisis yang dilakukan adalah dengan teknik analisis semiotika Roland Barthes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa posisi kamera dalam iklan cat Avian versi Awas Cat Basah digambarkan sebagai perpanjangan mata laki-laki. Posisi laki-laki merupakan objek aktif, sementara perempuan merupakan objek pasif yang tidak memiliki kendali atas dirinya sendiri melainkan hanya sebagai pemuas hasrat dari kaum laki-laki.