Daftar Isi:
  • Iklan merupakan suatu media untuk mempromosikan sebuah produk atau brand. Banyak pengiklan berlomba-lomba mencari cara untuk menarik minat pembeli agar barangnya dibeli oleh masyarakat. Salah satu cara untuk mencapai hal tersebut, adalah dengan menampilkan sisi sensualitas dari perempuan. Sisi sensualitas dari perempuan menjadi bumbu tambahan dalam sebuah iklan, perempuan selalu menarik untuk dijadikan objek bagi para pengiklan dan hanya dijadikan sebagai penambah keuntungan semata. Penelitian ini dirancang untuk menganalisis iklan Dolce & Gabbana pada tahun 2007 yang mengeksploitasi tubuh dari perempuan. Metode penelitian yang digunakan adalah dengan metode deskriptif dan analisis semiotika Roland Barthes yang mengembangkan pemikiran dari Ferdinand De Saussure. Analisis yang dilakukan yaitu dengan melihat tanda-tanda yang muncul dalam gambar iklan di media cetak Dolce & Gabbana tahun 2007, mulai dari ekspresi wajah, pose tubuh, busana yang digunakan, jumlah pria dalam gambar, hingga teknik pengambilan gambar dalam iklan tersebut.