Komunikasi Strategis Pemerintah Kota Yogyakarta dalam Mensosialisasikan Kawasan Pedestrian di Malioboro
Main Authors: | Putri, Retno Aulia; Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, Rosilawati, Yeni; Universitas Muhammadiyah Yogyakarta |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Universitas Muhammadiyah Yogyakarta
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://journal.umy.ac.id/index.php/ja/article/view/8148 https://journal.umy.ac.id/index.php/ja/article/view/8148/5037 |
Daftar Isi:
- Malioboro sebagai ikon Kota Yogyakarta adalah wajah yang ditampilkan kepada dunia. Oleh karena itu, kawasan Malioboro harus tertata indah dan dapat diakses oleh semua kalangan masyarakat yang berkunjung ke kawasan tersebut. Dalam mewujudkan Malioboro sebagai kawasan pedestrian, perlu sosialisasi kepada beberapa pihak yang akan terdampak selama pembangunan pedestrian. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tahap-tahap strategi komunikasi Pemerintah Kota Yogyakarta dalam mensosialisasikan kawasan pedestrian di Malioboro kepada Pedagang Kaki Lima (PKL), pemilik toko, tukang becak dan parkir di kawasan Malioboro. Pendekatan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan menggunakan teknik wawancara mendalam dengan Unit Pelaksana Teknis (UPT) Kawasan Malioboro dan Ketua Paguyuban Malioboro dan data sekunder diperoleh dari klipping berita. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi komunikasi Pemerintah Kota Yogyakarta dalam mensosialisasikan kawasan pedestrian dilakukan oleh pihak Pemerintah Kota Yogyakarta melalui kepada paguyuban PKL, pemilik toko, kusir andong, tukang parkir dan becak di Malioboro. Pesan yang disampaikan adalah dampak dan perlunya dukungan stakeholders terhadap program pembangunan kawasan pedestrian di Malioboro. Adapun media komunikasi yang digunakan melalui FGD (Focus Group Discussion) dengan para PKL, pemilik toko, kusir andong dan tukang becak. Adapun media yang digunakan dalam sosialisasi adalah media massa konvensional dan media sosial seperti Facebook dan Instagram.