Pengaruh Kegiatan Festival Cap Go Meh Terhadap Peningkatan Pendapatan Pada Sektor Perdagangan dan Jasa Kota Singkawang

Main Author: Atmojo, Singgih Tiwut; Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Mulia Singkawang
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Universitas Muhammadiyah Yogyakarta , 2019
Subjects:
Online Access: https://journal.umy.ac.id/index.php/bti/article/view/6121
https://journal.umy.ac.id/index.php/bti/article/view/6121/4403
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh dari dilaksanakan Festival Cap Go Meh di Kota Singkawang, dan juga untuk melihat seberapa besar pengaruh dari dilaksakanya Festival Cap Go Meh tersebut khususnya pada sektor perdagangan dan jasa. Dimana diketahui Kota Singkawang yang merupakan salah satu kota tujuan wisata di Kalimantan barat. Pariwisata menjadi andalan di Kota Singkawang khususnya melalui Festival Cap Go Meh ini, sebagaimana diketahui pada perayaan Cap Go Meh sudah menjadi kegiatan budaya rutin yang selalau mampu mendatangkan wisatawan-wisatawan baik luar maupun dalam negeri. Penelitian ini menggunakan metode survey pada pelaku perdagangan dan jasa, sampel dalam penelitian ini berjumlah 100 orang yang terbagi 90 orang pada sektor perdagangan dan 10 pada sektor jasa dengan proporsi 5 pada jasa hotel dan 5 pada jasa taxi (travel). Metode pengumpulan data menggunakan wawancara dan kuisioner. Hasil penelitian menunjukan: (1)Bahwa selama kegiatan festival Cap Go Meh berpengaruh terhadap peningkatan pendapatan di sektor perdagangan dan jasa. (2)Selama kegiatan Festival Cap Go Meh peningkatan pendapatan di sektor perdagangan rata-rata sebesar 42,70%. (3)Selama kegiatan Festival Cap Go Meh peningkatan pendapatan di sektor jasa rata-rata sebesar 56%. (4)Pelaku usaha disektor perdagangan merasakan kenaikan pendapatan selama kegiatan festival Cap Go Meh selama 7 hari. (5)Pelaku usaha disektor jasa merasakan kenaikan pendapatan selama kegiatan festival Cap Go Meh selama 6 hari.