Daftar Isi:
  • Pengelolaan kelas di Madrasah Ibtidaiyah Mustaqim Bahitom sudah berjalan dengan baik akan tetapi masih belum sempurna dalam artian masih ada kekurangan, namun kekurangan tersebut tidak mempengaruhi pelaksanaan pengelolaan kelas yang dilakukan oleh pihak madrasah baik dalam bentuk fisik maupun nonfisik. Rumusan Masalah: 1) Bagaimana Pelaksanaan Pengelolaan Kelas di Madrasah Ibtidaiyah Mustaqim Bahitom Kecamatan Murung Kabupaten Murung Raya? 2) Apa saja faktor Pendukung dan Penghambat dalam pengelolaan Kelas di Madrasah Ibtidaiyah Mustaqim Bahitom Kecamatan Murung Kabupaten Murung Raya?. Sedangkan tujuan penelitian: a) Untuk mendeskrispsikan Pelaksanaan Pengelolaan Kelas di Madrasah Ibtidaiyah Mustaqim Bahitom Kecamatan Murung Kabupaten Murung Raya b) Untuk mendeskripsikan faktor Pendukung dan Penghambat dalam pengelolaan Kelas di Madrasah Ibtidaiyah Mustaqim Bahitom Kecamatan Murung Kabupaten Murung Raya. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif, dengan jenis penelitian deskriptif dengan pengabsahan menggunakan triangulasi. Teknik analisis data menggunakan versi Milles dan Huberman yang dikutif oleh Moleong dengan 4 tahapan yakni: data collecion, reduction, display and conculassion drawing. Teknik pengumpulan data Observasi, Wawancara & dokumentasi. Subjek penelitian: EM (Wali kela I), NH (Wali Kelas II), RM (Wali Kelas III) dan RI (Wali Kelas IV), sedangkan informan penelitian: LR kepala sekolah MIS Mustaqim Bahitom Kecamatan Murung Kabupaten Murung Raya. Hasil penelitian menunjukkan: 1 Pengelolaan non fisik yang telah dilaksanakan oleh wali kelas I,II,III, dan IV yaitu meliputi, Perencanaan Pembelajaran, mengecek kehadiran siswa, mencatat data siswa, pencatatan data siswa dan memberikan tugas PR. Sedangkan pengelolaan secara fisik yang telah dilaksanakan meliputi: pengaturan ruang kelas, sehingga tetap bersih, pengaturan meja kursi seminggu sekali oleh wali kelas III, wali kelas I,II, dan IV tidak melaksanakan. 2) Faktor pendukung dan pelaksanaan pengelolaan kelas di MIS Mustaqim Bahitom yaitu adanya papan absen, papan jadwal, dan papan tatatertib yang disedikan oleh sekolah di setiap ruang kelas. Adapun faktor pendukung non fisik yaitu: guru melaksanakan tugasnya dengan baik diantaranya selalu mengabsen siswa, mengatur tempat duduk siswa, mencatat data siswa. Adapun faktor penghambat pengelolaan kelas secara fisik terlalu kecilnya ventilasi udara/cahaya sehingga pada saat proses belajar mengajar ruang menjadi panas hal tersebut dapat mengganggu proses pembelajaran. Sedangkan faktor penghambat non fisik siswa masih ribut, masih ada guru yang kurang mampu menguasai kelas, saat pergantian pelajaran guru terlambat masuk kelas.