Manajemen peningkatan mutu siswa di MTs Darul Amin Palangka Raya
Daftar Isi:
- Fokus penelitian ini adalah manajemen peningkatan mutu siswa di MTs Darul Amin Palangka Raya, sedangkan sub fokusnya perencanaan mutu di MTs Darul Amin, kemudian pengawasan mutu oleh Kepala MTs, memilih prioritas mutu di MTs Darul Amin, Pengawasan mutu oleh kepala MTs Darul Amin dan sistem evaluasi mutu oleh Kepala MTs Darul Amin. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara mendalam, observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Bahwa penyusunan perencanaan mutu MTs Darul Amin Palangka Raya telah mengacu pada Visi dan Misi MTs Darul Amin, adanya tujuan serta target atau sasaran yang ingin dicapai oleh MTs Darul Amin dimasa yang akan datang. (2) Dalam memilih prioritas mutu, Kepala MTs Darul Amin melaksanakan pembagian tugas dan tanggungjawab terhadap masing-masing kordinator dalam melakukan peningkatan mutu siswa dalam proses pembelajaran. (3) Kepala Madrasah dalam Memilih Prioritas Mutu di MTs Darul Amin dibantu oleh seluruh dewan guru dan tenaga Kepandidikan dengan memberlakukan kurikulum yang terbaru, yakni kurikulum 2013. (4) Evaluasi mutu di MTs Darul Amin Palangka Raya telah berjalan sesuai dengan tujuan Visi dan Misi Madrasah Tsanawiyah Darul Amin Palangka Raya. Bahwa evaluasi yang dilakukan minimalnya dalam satu tahun dua kali evaluasi tepatnya pada saat awal semester ganjil dan awal semester genap. Melalui evaluasi tersebut Kepala Madrasah beserta tenaga pendidik dapat menilai dan memperhatikan bagaimana mutu siswa MTs Darul Amin Palangka Raya.