Penerapan model pembelajaran berbasis masalah untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa pada pokok bahasan pengukuran di Kelas X Semester I MA Miftahul Jannah Palangka Raya
Daftar Isi:
- Penelitianini bertujuan untuk mengetahui (1) pengelolaan pembelajaran fisika dengan menggunakan model pembelajaran berbasis masalah, (2) motivasi siswa sebelum dan sesudah dengan menggunakan model pembelajaran berbasis masalah,(3) hasil belajar kognitif siswa sebelum dan sesudah dengan menggunakan model pembelajaran berbasis masalah dan hasil belajar psikomotorik dengan menggunakan model pembelajaran berbasis masalah (4) motivasi siswa terhadap hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran berbasis masalah. Penelitian ini menggunakan metode pra eksperimen dengan desain rancangan menggunakan desain satu kelompok pretes-postes (the one group pretest-posttest), sampel yang dipilih yaitu kelas X MA Miftahul Jannah Palangka Raya Penelitian ini dilaksanakan di MA Miftahul Jannah Palangka Raya pada bulan September sampai bulan oktober 2016. Instrumen yang digunakan adalah lembar pengelolaan, lembar angket motivasi, lembar tes hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) pengelolaan pembelajran fisika menggunakan model pembelajaran berbasis masalah dengan nilai rata-ratanya 3,46 dengan kategori cukup baik, (2) motivasi siswa sebelum dengan menggunakan model pembelajaran berbasis masalah dengan nilai rata-ratanya 33,5 dengan kategori sedang dan motivasi siswa sesudah dengan menggunakan model pembelajaran berbasis masalah dengan nilai rata-ratanya 34,4 dengan kategori tinggi, (3) hasil belajar kognitif siswa sebelum menggunakan model pembelajaran berbasis masalah dengan nilai rata-ratanya 41 dengan keterangan tidak tuntas dan hasil belajar kognitif siswa sesudah menggunakan model pembelajaran berbasis masalah dengan nilai rata-ratanya 56 dengan keterangan tidak tuntas, (4) hasil belajar psikomotorik siswa menggunakan model pembelajaran berbasis masalah dengan nilai rata-ratanya 75 dengan keterangan tuntas Hubungan antara motivasi terhadap hasil belajar dengan korelasi sangat rendah. ABSTRACT This study aims to determine (1) the management of teaching physics using problem-based learning model, (2) motivation of students before and after using problem-based learning model, (3) cognitive and psychomotoric learning achievement before and after using problem-based learning model (4) students motivation towards the learning achievement using problem-based learning model. This study uses a pre-experimental with pretest-posttest control design, the sample is X grade of MA Miftahul Jannah Palangkaraya This study is conducted at MA Miftahul Jannah Palangkaraya from September to October 2016. the data instrument used are learning management sheet, motivation questionnaire sheet, achievement test sheet. The results showed that: (1) management teaching physics using problem-based learning model with the average score of 3.46 is in medium category, (2) the student's motivation before using problem-based learning model with the average of 33.5 and after using problem-based learning model with the average of 34.4 is in high category, (3) students cognitive achievement before using problem-based learning model with the average of 41 failed after using problem-based learning model with the average of 56 failed, (4) the students psychomotoric achievement using problem-based learning model with the average of 75 succeeded. The correlation of motivation and the students achievement is very poor.