ctrlnum 698
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/698/</relation><title>Penerapan metode modeling the Way dan metode eksperimen untuk meningkatkan hasil belajar dan keaktifan siswa pada materi Pokok Gerak Lurus di Kelas X Semester I MAN Model Palangka Raya Tahun Ajaran 2015/2016</title><creator>Yunita, Yunita</creator><subject>029999 Physical Sciences not elsewhere classified</subject><description>Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah kurangnya keterlibatan siswa dalam pembelajaran fisika. Siswa cenderung diam dan hanya mendengarkan penjelasan dari guru sehingga kesulitan dalam memahami konsep-konsep fisika. Tidak semua siswa aktif dalam pembelajaran seperti bertanya dan berdiskusi. Keterlibatan siswa hanya didominasi oleh siswa-siswa tertentu.&#xD; &#xD; Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Ada atau tidaknya perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa yang diajar menggunakan metode modeling the way dan siswa yang diajar menggunakan metode eksperimen pada siswa kelas X semester I MAN Model Palangka Raya pokok bahasan gerak lurus, (2) Ada atau tidaknya perbedaan yang signifikan antara keaktifan siswa yang diajar menggunakan metode modeling the way dan siswa yang diajar menggunakan metode eksperimen pada siswa kelas X semester I MAN Model Palangka Raya pokok bahasan gerak lurus, (3) Mengetahui peningkatan keaktifan siswa yang diajar menggunakan metode modeling the way dan metode eksperimen pada siswa kelas X semester I MAN Model Palangka Raya pokok bahasan gerak lurus.&#xD; &#xD; Penelitian ini menggunakan model rancangan The Static Group Pretest-Postest Design. Instrumen yang digunakan adalah tes hasil belajar kognitif siswa dan lembar pengamatan keaktifan siswa. Populasi penelitian adalah kelas X semester I MAN Model Palangka Raya Tahun Ajaran 2015/2016, sampel penelitian adalah kelas X MIPA 1 berjumlah 37 orang sebagai kelas eksperimen dan kelas X MIPA 3 berjumlah 38 orang sebagai kelas kontrol. Analisis data pretest dan postest THB dan keaktifan siswa menggunakan program SPSS versi 17.0 for windows.&#xD; &#xD; Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Berdasarkan analisis uji hipotesis pada posttest, gain dan N-gain tes hasil belajar menunjukkan tidak terdapat perbedaan signifikan antara siswa yang diajar dengan metode eksperimen di kelas eksperimen dan siswa yang diajar dengan metode modeling the way di kelas kontrol. (2) Analisis uji hipotesis keaktifan siswa pada kelas eksperimen dan kelas kontrol juga tidak terdapat perbedaan yang signifikan. (3) Keaktifan siswa meningkat dengan perolehan persentase rata-rata tiap pertemuannya yaitu pada kelas eksperimen pada pertemuan I sebesar 64,64%, pertemuan II sebesar 76,31% dan pertemuan III sebesar 88,93%. Pada kelas kontrol pada pertemuan I sebesar 62,02%, pertemuan II sebesar 78,57% dan pertemuan III sebesar 87,50%.&#xD; &#xD; ABSTRACT&#xD; &#xD; The background in the research is the lack of involvement of students in learning physics. The students tend to be quiet and just listen to the explanations of the teacher so the difficulty in understanding the concepts of physics. Not the students entire active in learning such as asking questions and discussion. Certain students dominate student involvement.&#xD; &#xD; The study aims to determine: (1) whether there is a significant difference between the learning outcomes of students who are taught using the method of modeling the way and the experimental method on subject of straight motion at the first semester of X class in MAN Model Palangka Raya. (2) Whether there is a significant difference between the activeness of students who are taught using the method of modeling the way and the experimental method on subject of straight motion at the first semester of X class in MAN Model Palangka Raya. (3) Determine the increase in the activity of the students taught using the method of modeling the way and experiment methodon subject of straight motion at the first semester of X class in MAN Model Palangka Raya&#xD; The study used a model design The Static Group Pretest-Posttest Design. The instrument used was a test of cognitive learning outcomes of students and the students activity observation sheet. The study population was the first semester of X class in MAN Model Palangka Raya2015/2016 academic year, the sample of the study was the X class at MIPA 1 totaling 37 people as an experimental class and class X MIPA 3 totaling 38 people as a control group. Pretest and post-test data analysis achievement test and student activity using SPSS version 17.0 for Windows.&#xD; &#xD; The results showed that: (1) Based on the analysis of hypothesis testing on the posttest, gain and N-gain achievement test showed no significant difference between students who are taught by an experimental method in the experimental class and the students taught with methods of modeling the way in the control class. (2) The analysis of hypothesis testing in the students activity in the experimental class and control class were no significant differences. (3) The active participation of the students increased with the acquisition of the average percentage of each meeting that the experimental class at the first meeting amounted to 64,64 %, the second meeting of 76,31% and 88,93% for the third meeting. In the control class at the first meeting amounted to 62,02%, the second meeting of 78,57% and 87,50% for the third meeting.</description><date>2016-04-29</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/698/1/Abstrak.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/698/2/BAB%20I%20Pendahuluan.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/698/3/BAB%20II%20Landasan%20Teori.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/698/4/BAB%20III%20Metode%20Penelitian.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/698/5/BAB%20V%20Penutup.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/698/6/BAB%20IV%20Hasil%20Penelitian.pdf</identifier><identifier> Yunita, Yunita (2016) Penerapan metode modeling the Way dan metode eksperimen untuk meningkatkan hasil belajar dan keaktifan siswa pada materi Pokok Gerak Lurus di Kelas X Semester I MAN Model Palangka Raya Tahun Ajaran 2015/2016. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya. </identifier><recordID>698</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Yunita, Yunita
title Penerapan metode modeling the Way dan metode eksperimen untuk meningkatkan hasil belajar dan keaktifan siswa pada materi Pokok Gerak Lurus di Kelas X Semester I MAN Model Palangka Raya Tahun Ajaran 2015/2016
publishDate 2016
topic 029999 Physical Sciences not elsewhere classified
url http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/698/1/Abstrak.pdf
http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/698/2/BAB%20I%20Pendahuluan.pdf
http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/698/3/BAB%20II%20Landasan%20Teori.pdf
http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/698/4/BAB%20III%20Metode%20Penelitian.pdf
http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/698/5/BAB%20V%20Penutup.pdf
http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/698/6/BAB%20IV%20Hasil%20Penelitian.pdf
http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/698/
contents Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah kurangnya keterlibatan siswa dalam pembelajaran fisika. Siswa cenderung diam dan hanya mendengarkan penjelasan dari guru sehingga kesulitan dalam memahami konsep-konsep fisika. Tidak semua siswa aktif dalam pembelajaran seperti bertanya dan berdiskusi. Keterlibatan siswa hanya didominasi oleh siswa-siswa tertentu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Ada atau tidaknya perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa yang diajar menggunakan metode modeling the way dan siswa yang diajar menggunakan metode eksperimen pada siswa kelas X semester I MAN Model Palangka Raya pokok bahasan gerak lurus, (2) Ada atau tidaknya perbedaan yang signifikan antara keaktifan siswa yang diajar menggunakan metode modeling the way dan siswa yang diajar menggunakan metode eksperimen pada siswa kelas X semester I MAN Model Palangka Raya pokok bahasan gerak lurus, (3) Mengetahui peningkatan keaktifan siswa yang diajar menggunakan metode modeling the way dan metode eksperimen pada siswa kelas X semester I MAN Model Palangka Raya pokok bahasan gerak lurus. Penelitian ini menggunakan model rancangan The Static Group Pretest-Postest Design. Instrumen yang digunakan adalah tes hasil belajar kognitif siswa dan lembar pengamatan keaktifan siswa. Populasi penelitian adalah kelas X semester I MAN Model Palangka Raya Tahun Ajaran 2015/2016, sampel penelitian adalah kelas X MIPA 1 berjumlah 37 orang sebagai kelas eksperimen dan kelas X MIPA 3 berjumlah 38 orang sebagai kelas kontrol. Analisis data pretest dan postest THB dan keaktifan siswa menggunakan program SPSS versi 17.0 for windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Berdasarkan analisis uji hipotesis pada posttest, gain dan N-gain tes hasil belajar menunjukkan tidak terdapat perbedaan signifikan antara siswa yang diajar dengan metode eksperimen di kelas eksperimen dan siswa yang diajar dengan metode modeling the way di kelas kontrol. (2) Analisis uji hipotesis keaktifan siswa pada kelas eksperimen dan kelas kontrol juga tidak terdapat perbedaan yang signifikan. (3) Keaktifan siswa meningkat dengan perolehan persentase rata-rata tiap pertemuannya yaitu pada kelas eksperimen pada pertemuan I sebesar 64,64%, pertemuan II sebesar 76,31% dan pertemuan III sebesar 88,93%. Pada kelas kontrol pada pertemuan I sebesar 62,02%, pertemuan II sebesar 78,57% dan pertemuan III sebesar 87,50%. ABSTRACT The background in the research is the lack of involvement of students in learning physics. The students tend to be quiet and just listen to the explanations of the teacher so the difficulty in understanding the concepts of physics. Not the students entire active in learning such as asking questions and discussion. Certain students dominate student involvement. The study aims to determine: (1) whether there is a significant difference between the learning outcomes of students who are taught using the method of modeling the way and the experimental method on subject of straight motion at the first semester of X class in MAN Model Palangka Raya. (2) Whether there is a significant difference between the activeness of students who are taught using the method of modeling the way and the experimental method on subject of straight motion at the first semester of X class in MAN Model Palangka Raya. (3) Determine the increase in the activity of the students taught using the method of modeling the way and experiment methodon subject of straight motion at the first semester of X class in MAN Model Palangka Raya The study used a model design The Static Group Pretest-Posttest Design. The instrument used was a test of cognitive learning outcomes of students and the students activity observation sheet. The study population was the first semester of X class in MAN Model Palangka Raya2015/2016 academic year, the sample of the study was the X class at MIPA 1 totaling 37 people as an experimental class and class X MIPA 3 totaling 38 people as a control group. Pretest and post-test data analysis achievement test and student activity using SPSS version 17.0 for Windows. The results showed that: (1) Based on the analysis of hypothesis testing on the posttest, gain and N-gain achievement test showed no significant difference between students who are taught by an experimental method in the experimental class and the students taught with methods of modeling the way in the control class. (2) The analysis of hypothesis testing in the students activity in the experimental class and control class were no significant differences. (3) The active participation of the students increased with the acquisition of the average percentage of each meeting that the experimental class at the first meeting amounted to 64,64 %, the second meeting of 76,31% and 88,93% for the third meeting. In the control class at the first meeting amounted to 62,02%, the second meeting of 78,57% and 87,50% for the third meeting.
id IOS4876.698
institution Institut Agama Islam Negeri Palangka Raya
affiliation ptki.onesearch.id
institution_id 526
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Pusat IAIN Palangkaraya
library_id 1246
collection Digital Library IAIN Palangka Raya
repository_id 4876
subject_area Generalities(Karya Umum)
city Palangka Raya
province KALIMANTAN SELATAN
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS4876
first_indexed 2017-11-20T04:47:29Z
last_indexed 2017-11-20T04:47:29Z
recordtype dc
_version_ 1686278981560565760
score 17.538404