Penerapan strategi peta konsep melalui model pembelajaran kooperatif untuk meningkatkan hasil belajar pada Pokok Bahasan Pesawat Sederhana Kelas VIII MTsN-1 Model Palangka Raya Tahun Ajaran 2015/2016 M

Main Author: Sarpani, Sarpani
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/697/1/Abstrak.pdf
http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/697/2/BAB%20I-%20BAB%20V.pdf
http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/697/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui; (1) pengelolaan pembelajaran fisika menggunakan penerapan strategi peta konsep melalui model pembelajaran kooperatif, (2) aktivitas siswa dalam KBM menggunakan strategi peta konsep melalui model pembelajaran kooperatif, (3) ketuntasan hasil belajar siswa setelah pembelajaran menggunakan penerapan strategi peta konsep melalui model pembelajaran kooperatif, (4) Terdapat atau tidaknya perbedaan yang signifikan hasil belajar siswa sebelum dan sesudah menggunakan strategi peta konsep melalui model pembelajaran kooperatif. Penelitian dilaksanakan berdasarkan hasil observasi yaitu siswa kurang aktif ketika pembelajaran berlangsung dan hasil belajar masih dibawah KKM 75%. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan metode pre- experiment. Subyek dari penelitian ini adalah siswa kelas VIII-6 MTsN-1 Model Palangka Raya Tahun Ajaran 2015-2016 yang berjumlah 40 siswa. Instrumen yang dipakai dalam penelitian ini yaitu: (1) tes, dan (2) lembar observasi. Teknik analisis data menggunakan uji beda Wilxocon dengan bantuan program SPSS versi 21. Hasil dari penelitian ini dapat diketahui; (1) pengelolaan pembelajaran dengan menggunakan strategi peta konsep melalui model pembelajaran kooperatif secara keseluruhan nilai rata-rata sebesar 3,72 termasuk dalam kategori baik, (2) aktivitas siswa dengan menggunakan strategi peta konsep melalui model pembelajaran kooperatif sebesar 87,60 termasuk dalam kategori baik, (3) ketuntasan hasil belajar siswa 95% dari 40 siswa dengan nilai rata-rata 77,74, (4) hasil belajar sebelum dan sesudah menggunakan penerapan strategi peta konsep melalui model pembelajaran kooperatif, dilihat dari nilai rata-rata pretes sebesar 49,04 menjadi 77,74 nilai postest, mengalami peningkatannya sebesar 28,7 dari nilai rata-rata pretest dan postest. Peningkatan dapat dibuktikan juga melui uji Wilxocon hasil analisis nilai Sig. 0,000  0,05 berarti bahwa Ho ditolak dan Ha diterima, jadi dapat disimpulkan terdapat perbedaan signifikan hasil belajar sebelum dan sesudah menggunakan penerapan strategi peta konsep melalui model pembelajaran kooperatif.